SLF Pasar Dinoyo Belum Lengkap, DPUPR: Itu Kepentingan Investor | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pasar Dinoyo Terpadu
Pasar Terpadu Dinoyo (Istimewa)
BERITA

SLF Pasar Dinoyo Belum Lengkap, DPUPR: Itu Kepentingan Investor

Satuchannel.com, Kota Malang – Sertifikat Layak Fungsi (SLF) dari bangunan Pasar Terpadu Dinoyo (PTD) yang sempat dijanjikan oleh pihak investor rampung pada tanggal 10 Mei lalu, nyatanya hingga saat ini belum terpenuhi. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kota Malang, Hadi Santoso yang ditemui di Gedung DPRD menegaskan, jika hal itu diserahkan sepenuhnya pada pihak pemilik, agar mau menyelesaikannya secera cepat atau tidak.

Menurutnya, SLF memang sepenuhnya menjadi kepentingan dari pihak pemilik bangunan sendiri. Termasuk dalam kasus PTD, Hadi juga menjelaskan itu merupakan insiatif yang mestinya dijalankan oleh pihak pengelola untuk melengkapi secara bertahap sejumlah bagian yang kurang. Untuk soal PTD, Kepala DPUPR ini sendiri mengaku terus melakukan pemantauan.

Kepala Dinas PUPR Kota Malang (Iqb)

“Saya update setiap hari soal PTD, yang saya permasalahkan adalah bagian prinsip saja, seperti tanda jalur evakuasi yang belum ada. Kalau cat memudar itu bukan perhatian utama,” tutur pria yang juga kerap dipanggil Soni ini.

Lanjutnya, Hadi merinci beberapa bagian yang belum dilengkapi ada seperti alat pemadam kebakaran, dan tanda jalur evakuasi. Ini tergantung pada investor akan memenuhinya kapan.

“Bukan kepentingan kami ya, atau dalam arti pemerintah memaksa,” tukas Hadi.

Dirinya juga menyatakan bila SLF terpenuhi, maka investor dapat mengerjakan kekurangan dengan cepat yaitu dengan droping bahan dan tambah tenaga pekerja.

Kondisi pasar dinoyo (Aris)

Ditanyai mengenai kelayakan penggunaan PTD, menurut Hadi gedung PTD itu memang bisa digunakan, kewajiban SLF menjadi ada ketika mengingat Perda yang baru disahkan 2012 lalu mewajibkan bangunan terutama yang ramai dikunjungi publik harus memiliki SLF. Maka, semua bangunan termasuk PTD sebetulnya dapat menyusul untuk memenuhi aturan tersebut. (Iqb)

Kanal Terkait