Situs Watukucur Digarap, Pemkab Jombang Anggarkan Dana Tahun Depan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Situs Watukucur saat dilakukan proses penggalian (Anggit Puji/satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Situs Watukucur Digarap, Pemkab Jombang Anggarkan Dana Tahun Depan

Satukanal.com, Jombang – Temuan Situs Watukucur di Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung, Jombang sudah dilakukan proses penggalian oleh tim BPCB Jawa Timur.

Menanggapi hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang akan usulkan dana eksvakasi pada tahun 2022 mendatang.

Seperti diketahui, proses eksvakasi tahap pertama telah dilakukan, target dari penggalian ialah menemukan struktur denah situs yang diduga sudah ada sejak zaman Majapahit ini.

Iswahyudi Hidayat Kepala Seksi (Kasi) Cagar Budaya dan Permusiuman Disdikbud Jombang mengatakan, pihaknya saat ini baru bisa memberi dukungan berupa pendampingan dan memfasilitasi pihak BPCB dalam tahap penggalian.

“Belum ada anggaran yang disiapkan untuk ekskavasi temuan situs maupun cagar budaya yang ada di Jombang. Tapi, tahun depan diperkirakan dapat dilaksanakan kalau usulan dalam APBD 2022 diterima,” ucapnya pada Senin (11/10/2021).

Baca Juga :  PU R-APBD, Bupati Jombang Dapat Masukan Perhatikan Pembangunan Desa

BPCB dan Disdikbud Jombang sendiri sudah melakukan tahapan peninjauan terhadap enam temuan struktur diduga cagar budaya yang ada di Jombang. Hasilnya dari enam lokasi yang ditinjau.

Dua lokasi layak diusulkan untuk dilakukan ekskavasi, yakni struktur Kedaton Bulurejo Diwek dan struktur Menganto yang berada di Kecamatan Mojowarno. Namun demikian, ia masih perlu memperlajari lebih lanjut mengenai rencana ekskavasi tersebut. Sebab, rekomendasi secara tertulis dari BPCB belum turun.

”Usulan kami sebesar 200 juta di APBD tahun 2022 nanti. Paling penting kami usulkan dulu penganggarannya, nanti diperboleh atau tidak kita siapkan dulu,’’ pungkasnya.

Baca Juga :  Sempat Kosong, Akhirnya Bupati Jombang Lantik Sekda Baru

Proses Ekskavasi tahap pertama Situs Watukucur ini telah dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur dan menargetkan struktur denah, bentuk dan ukuran Situs Watukucur.

“Sementara target ekskavasi pertama ini memunculkan struktur denah dan ukuran dari Situs Watukucur,” ucap Muhammad Ichwan, Ketua Tim Eskavasi Situs Watukucur saat ditemui di lokasi Eskavasi, Sabtu (9/10/2021).

Dalam proses ekskavasi tahap awal ini, pihaknya sudah menemukan setidaknya 12 ompak (pondasi tiang rumah) besar, beberapa ompak kecil, benda kramik dan yoni yang saat ditemukan posisinya berceceran. Ia menduga, bahwa situ ini merupakan tempat suci pada zaman hindu Siwa Majapahit.

 

 

Pewarta: Anggit Puji
Editor: Ubaidhillah

    Kanal Terkait