Situs Ndalem Pojok Gelar Tradisi Tolak Pagebluk - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA Kanal Straight

Situs Ndalem Pojok Gelar Tradisi Tolak Pagebluk

Satukanal.com, Kediri – Ada yang unik di bulan Kemerdekaan Bangsa Indonesia di tahun 2021 di Ndalem Pojok Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Dimana puluhan orang akan melakukan tradisi tolak pagebluk pada Rabu, 4 Agustus 2021.

Ketua Harian Persada Sukarno, Kushartono mengatakan pementasan tolak pagebluk ini dilakukan lantaran bangsa Indonesia memiliki tradisi itu sebab sudah mempunyai riwayat bencana pagebluk, sebelum dilanda  corona ini.

“Kita sudah mempunyai warisan dari para leluhur, juga untuk bagaimana menanggulanginya (pegebluk),” ungkapnya kepada satukanal.com, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga :  Ribuan Murid SMA Kota Malang di Vaksin

Tercatat sejumlah 21 peserta acara akan mengikuti kegiatan yang beralngsung Rabu (4/8/2021) besok, bertepatan dengan hari lahirnya Bung Karno versi penanggalan Jawa, Kamis Pon.

Dalam kegiatan tersebut akan hadir seluruh tokoh lintas agama, pelaku spiritual, juga berbagai komunitas yang akan melakukan doa bersama.

“Pertama doa lintas agama, ada yang pakai pusaka dengan caranya, ada yang pakai tembang, pakai ramu-ramuan doa, tarian. Kita kasih kesempatan untuk menyampaikan,” jelasnya.

Menurut Kushartono, wabah bukan menjadi kali pertama yang ada di Nusantara Indonesia. Maka dengan terselenggaranya acara ini, pihaknya sangat menghargai berbagai kegiatan yang hadir tersebut.

Baca Juga :  PHRI Kota Malang Usulkan Pengunjung Hotel dan Restoran Sudah Tervaksin

“Bangsa Indonesia ini punya kekuatan, akal maupun spiritual. Seperti tarian, rajah, itu adalah kearifan lokal diperoleh dari sesuai keyakinan kita masing-masing,” terangnya.

Dengan melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes), pihaknya akan menyelenggarakan acara ini jam 19.00 WIB, via streaming. “Kita laksanakan besok Rabu (4/8/2021) secara streaming melalui Youtube dalem pojok,” tutupnya.

 

 

Pewarta: Anis Firmansyah 
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait