SIRANAP, Aplikasi Kemenkes Untuk Cek Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
SIRANAP, Aplikasi Kemenkes Untuk Cek Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

SIRANAP, Aplikasi Kemenkes Untuk Cek Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit

SATUKANAL.COM, NASIONAL– Baru-baru ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Rawat Inap Rumah Sakit (SIRANAP). Aplikasi ini merupakan fasilitas sistem informasi yang dapat digunakan masyarakat untuk mengecek ketersediaan tempat tidur Covid-19 di rumah sakit.

Fasilitas ini dapat diakses melalui aplikasi Sistem Informasi Rawat Inap Rumah Sakit ( SIRANAP) yang dapat diunduh di PlayStore atau diakses melalui situs resmi Kemenkes yakni http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap-yankes.

“#Healthies, bagi kamu yang membutuhkan informasi seputar ketersediaan tempat tidur termasuk untuk pasien COVID-19.  @KemenkesRI  menyediakan aplikasi SIRANAP yang dapat kamu unduh di Playstore atau di akses melalui website :  http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap-yankes,” tulis Kemenkes di cuitan twitternya.

Menurut Kemenkes, sajian data dan informasi dalam aplikasi SIRANAP tersebut bersifat realtime dan diupdate secara berkala. “Informasi yang ada di SIRANAP disajikan secara realtime dan diupdate secara langsung oleh rumah sakit.  Hadirnya aplikasi ini diharapkan kian mempermudah akses informasi seputar ketersediaan tempat tidur di RS,” lanjut cuitan Kemenkes, Senin (25/01/2021).

Baca Juga :  Kemenag Hanya Perbolehkan Tarawih Berjamaah di Daerah Zona Aman. Simak Aturannya!

Meski demikian, pihak Kemenkes terus menerus melakukan monitoring. Sehingga, masyarakat dapat menggunakan data tersebut sebagai acuan untuk mengetahui tempat perawatan bagi pasien Covid-19. “Masyarakat untuk memanfaatkan data ini, dan khusus DKI juga sudah mengeluarkan aplikasi untuk tempat perawatan,” ujar Nadia Tarmidzi selaku Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes dilansir dari kompas.com.

Aplikasi SIRANAP

Jika ingin menggunakan SIRANAP, aplikasi ini dapat ditemukan di playstore, berikut caranya:

  • Buka Playstore melalui handphone
  • Ketik dan cari aplikasi SIRANAP melalui kolom search
  • Install aplikasi tersebut pada handphone
  • Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut
  • Kemudian akan muncul kolom Provinsi serta Kabupaten. Pilih dan Isi kedua kolom tersebut sesuai kebutuhan. Selanjutnya klik cari rumah sakit
  • Setelah itu akan muncul sejumlah daftar rumah sakit yang melayani pasien covid-19 dan tertulis kolom tempat tidur. Klik kolom itu untuk mengecek ketersediaan tempat tidur di rumah sakit yang telah dipilih
  • Informasi ketersediaan tempat tidur dengan berbagai kategori akan nampak dan untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi pihak rumah sakit yang terkait.
Baca Juga :  Bukannya Bangga, 5 Ilmuwan Ini Justru Menyesali Penemuannya

Situs SIRANAP

Cara lain yang dapat dilakukan selain mengunduh aplikasinya melalui playstote yaitu dapat mengaksesnya pada laman http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap-yankes. Pada stus ini ada sejumlah menu, diantaranya:

  • Rumah sakit vertiikal
  • Rumah sakit daerah
  • Rumah sakit lainnya
  • Entri data
  • Juknis SIRANAP
  • Contack person

Apabila mengeklik menu rumah sakit vertikal, rumah sakit daerah atau rumah sakit lainnya, akan muncul data ketersediaan tempat tidur Covid-19 di setiap rumah sakit di berbagai wilayah Indonesia. Data tersebut termasuk dalam keterangan jumlah ketersediaan tempat tidur dari ruang inap VVIP,VIP, Kelas I,II,II dan Intermediate.

Selain itu, masyarakat juga dapatmelihat data ketersediaan tempat perawatan Covid-19 di wilayah yang diinginkan dengan memilih provinsi pada menu yang telah disediakan. Sedangkan untuk mendu entri data hanya dapat diakses oleh pihak rumah sakit, dengan emamsukkan kode rumah sakit dan password yang telah diberikan.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait