Simak ! Ini Sanksi Bagi Pelanggar PPKM Di Kota Malang, Batu dan Surabaya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Catat ! Ini Sanksi Bagi Pelanggar PPKM Di Kota Malang, Batu dan Surabaya
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Simak ! Ini Sanksi Bagi Pelanggar PPKM Di Kota Malang, Batu dan Surabaya

Satukanal.com, Nasional – Aturan terkait sanksi pada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku mulai tanggal (11/01/2021) lalu hingga Senin (25/01/2021) mendatang, wajib ditaati oleh seluruh masyarakat.

Pada Pemberlakuan PPKM di Kota Malang, Pemerintah Kota Malang melibatkan TNI, Polri, Satpol PP dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Untuk melakukan penindakan tegas apabila terjadi pelanggaran.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan bahwa, sanksi yang diberikan bagi para pelanggar yakni berupa teguran lisan, teguran tertulis, peringatan tertulis, penghentian sementara kegiatan, penghentian tetap kegiatan hingga pencabutan izin sementara bagi pelaku usaha.

Sementara itu pada PPKM di Kota Batu, Pemerintah kota Batu juga mempersiapkan beberapa sanksi apabila dari masyarakat sekitar Kota Batu melanggar kebijakan PPKM tersebut.

Pemberlakuan sanksi bagi masyarakat yang melanggar PPKM di Kota Batu terbagi menjadi dua kategori. Dua kategori sanksi tersebut diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 78 tahun 2020 yang meliputi, sanksi bagi perorangan dan pelaku usaha.

Baca Juga :  Lumbung Stroberi Jadi Potensi Desa Wisata Maju di Kota Batu

M Nur Adhim selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batu menyampaikan bahwa, bagi masyarakat yang melanggar PPKM ini akan dikenai sanksi, untuk sanksi bagi perorangan yakni berupa teguran tertulis atau denda maksimal Rp 100 ribu.

Sedangkan, bagi para pelaku usaha di Kota Batu yang melewati jam malam atau melanggar aturan lain pada PPKM maka akan dikenai sanksi pertama, berupa teguran tertulis. Apabila pelaku usaha tersebut didapati masih melanggar, maka sanksi untuk melakukan penutupan tempat usaha selama tujuh hari akan diberlakukan.

Lain halnya di Kota Surabaya, Pada Rabu (13/01/2021) beberapa pusat perbelanjaan telah terpantau tertib menjalankan aturan dari PPKM ini. Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Surabaya beserta Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Jawa Timur terus melakukan pemantauan dengan menggelar sidak pada masa PPKM.

Baca Juga :  Pendem Jadi Kampung Tangguh Bebas Narkoba

Apabila pada saat pemberlakuan PPKM didapati warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan, nantinya akan dikenai denda administratif sesuai dengan Perwali nomor 67 tahun 2020.

Denda bagi perorangan sebesar Rp150 ribu sementara bagi pelaku usaha, pengelola, penanggung jawab atau penyelenggara tempat dan fasilitas umum akan didenda administratif mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 25 juta tergantung jenis usahanya.

Wakil Sekretaris IV Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Irvan Widyanto menghimbau agar seluruh pihak terutama warga Kota Surabaya untuk terus menjaga dan mentaati protokol kesehatan di mana pun berada.

“Tidak boleh kendor dalam menjaga protokol kesehatan. Menurut kami, vaksin terbaik adalah perubahan perilaku dengan biasakan yang tidak biasa, dengan cara itu, insyaallah Covid-19 akan segera selesai,” Ujarnya.

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait