Sidang Isbat, Penentuan Awal Ramadhan Bakal Digelar 12 April Mendatang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sidang Isbat, Penentuan Awal Ramadhan Bakal Digelar 12 April Mendatang
BERITA

Sidang Isbat, Penentuan Awal Ramadhan Bakal Digelar 12 April Mendatang

SATUKANAL.com, NASIONAL– Sidang Isbat untuk menetapkan awal Ramadhan 1442 Hijriah akan digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada Senin (12/04/2021) mendatang. Sidang tersebut akan bertempat di Auditorium H.M. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH. Thamrin No.6, Jakarta.

“Insya Allah, sidang isbat awal Ramadan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam keterangan resminya.

Nantinya, sidang isbat tersebut akan dibagi ke dalam tiga tahap. Tahap pertama, yakni pemaparan posisi hilal yang akan dilakukan oleh anggota Tim Unifikasi Kelander Hijriah Kemenag. Tahapan ini akan disiarkan secara langsung dan dimulai pada pukul 16.45 WIB.

Sementara itu, disebutkan bahwa posisi hilal awal Ramadhan 1442 sudah di atas ufuk yang berkisar antara 2 derajat 37 menit sampai 3 derajat 36 menit. Hasil hisab ini akan dikonfirmasi melalui Rukyatul Hilal yang rencananya akan digelar di 86 titik di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Biar Tidak Lemot, Konsumsi Makanan Penambah Daya Ingat Ini

Kemudian, untuk tahapan kedua yakni agenda sidang isbat awal Ramadhan yang akan digelar secara tertutup setelah Shalat magrib. Terakhir, adalah konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan oleh TVRI dan media sosial Kemenag.

Menurut kamaruddin, pelaksanaan sidang isbat oleh Kementerian Agama (Kemenag) selama ini sudah sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijah.

Diketahui, sidang isbat juga sellau digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriah. Seperti halnya dengan sebelumnya, sidang isbat awal Ramadhan digelar pada 29 Syaban sedangkan penetapan awal Syawal digelar pada 29 Ramadhan.

Baca Juga :  Fitur Tersembunyi dan Fitur Baru Aplikasi WhatsApp, Mau Coba?

Lebih lanjut disebutkan bahwa sidang isbat akan dihadiri oleh perwakilan Komisi DPR, Mahkamah Agung, ormas-ormas Islam hingga lembaga yang berkaitan dengan Hisab dan Rukyat. Sidang juga akan melibatkann Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, dubes negara sahabat, perwakilan ormas, Lapan, BMKG dan undangan lainnya.

Pelaksanan sidang isbat akan menerapkan protokol kesehatan ketat. Lokasi sidang akan disemprot terlebih dahulu dengan disinfektan, ada pembatasan jarak, pemindai suhu tubuh sebelum masuk lokasi serta wajib mengenakan masker bagi semua undangan yang hadir di lokasi.

 

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait