Sidak Kendaraan di Terminal Blitar Jelang Nataru, Petugas Temukan Truk Over-Dimensi | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Sidak Kendaraan di Terminal Blitar Jelang Nataru, Petugas Temukan Truk Over-Dimensi

Petugas gabungan dari Satlantas Polres Blitar Kota dan Dinas Perhubungan Kota Blitar masih menemukan angkutan barang yang over-dimensi saat menggelar ramp check di Terminal Patria Kota Blitar, Jumat (19/12/2019).Hal tersebut diketahui setelah petugas melakukan pengukuran yang disesuaikan dengan keterangan buku kendaraan.

“Ini sudah over-dimensi. Dari depan sudah terlihat,” ungkap salah satu petugas Dishub Kota Blitar.

Kasatlantas Polres Blitar Kota AKP Haris Dharma Sucipto mengatakan, kendaraan yang over-dimensi dan overload langsung diberi sanksi tilang oleh Satlantas Polres Blitar Kota. Petugas juga meminta agar pemilik kendaraan segera menyesuaikan ukuran agar tidak over-dimensi.

“Pemeriksaan kendaraan angkutan barang dan angkutan umum ini kami gelar untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas saat libur Natal 2019 an tahun baru 2020 (Nataru). Hasilnya untuk kendaraan angkutan barang, kami temukan ada yang over-dimensi dan overload,” ungkap Haris.

Selain mengecek kondisi kendaraan angkutan barang dan angkutan umum, petugas juga melakukan test urine terhadap pengemudi. Mereka dites urine satu per satu oleh petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Blitar dan Badan Narkotika Kota Blitar.

“Selain mengecek kondisi kendaraan, sopirnya juga kami tes urine. Hal ini untuk menciptakan situasi kamtibselcarlantas (keamanan, ketertiban, keselamatan, dan kelancaran lalu lintas),” terangnya.

Tak hanya kendaraan angkutan barang dan angkutan umum. Dejumlah kendaraan pribadi juga diperiksa. Utamanya kendaraan pribadi yang bernopol luar kota. “Kendaraan pribadi juga kami periksa kelengkapannya. Termasuk kondisi pengemudi yang melakukan perjalanan jauh,” pungkasnya.

Kanal Terkait