Sidak CKS, Sutiaji: Jangan Ada Provokasi dalam Kasus PMI - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sidak CKS, Sutiaji : Jangan Ada Provokasi Dalam Kasus PMI
Sutiaji saat melakukan sidak (Foto: Humas Pemkot Malang/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Sidak CKS, Sutiaji: Jangan Ada Provokasi dalam Kasus PMI

Satukanal.com, Malang – Menyusul kasus lima calon PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang kabur beberapa waktu lalu, Walikota Sutiaji melakukan sidak ke Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) PT Citra Karya Sejati (CKS), Senin (14/6).

Dalam sidak itu, Sutiaji melihat legalitas, SOP dan kontrak PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang ada. Secara legalitas ternyata ada 2 yaitu sebagai Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK).

“Dari keduanya itu legal, bahwa anak yang ada disini tidak tiba-tiba, mulai awal basic-nya kebutuhan. Tidak hanya tanya ke GM dan manajemen, tapi saya klarifikasi ke anak-anak. Tidak percaya begitu saja, saya lihat fasilitas, benar enggak ada disana ada pengajaran, saya lihat memang iya ada,” ujar Sutiaji.

Baca Juga :  Warga Jombang Diimbau Tidak Melakukan Salat Ied di Masjid

Sutiaji menyebut, terkait kasus yang terjadi baru-baru ini dikarenakan banyak provokasi dari luar. Dia menambahkan informasi yang bisa di tracking dan sudah masuk ranah kepolisian adalah karena provokasi dilihat dari jejak digital PMI.

“Jangan memberikan konotasi yang jelek terhadap kegiatan-kegiatan semacam ini karena sesungguhnya disini membantu masyarakat yang kepingin kerja di luar. Dan ini adalah pejuang-pejuang devisa negara juga” tambah Walikota Sutiaji.

Baca Juga :  Imbas Pandemi, Pengusaha Kerajinan Kayu Beralih ke Online

Sekda Kota Malang Erik Setyo Santoso menambahkan informasi terkait ketenagakerjaan. “Seperti yang teman-teman lihat, sekarang ini sedang berlangsung, ada dari pengawas ketenagakerjaan dan penyidik ketenagakerjaan yang sedang melalukan proses pemeriksaannya, dari provinsi dan pusat,” tutup Erik.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait