Siap di Sertifikasi, Pisang Mulyo Jadi Produk Unggulan Petani Dampit - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Siap di Sertifikasi, Pisang Mulyo Jadi Produk Unggulan Petani Dampit
HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Siap di Sertifikasi, Pisang Mulyo Jadi Produk Unggulan Petani Dampit

Satukanal.com, Nasional – Pisang Mulyo Dampit merupakan salah satu produk pertanian unggulan milik warga di Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Sebelumnya, keberadaan pisang jenis ini memang belum banyak dikenal.

Namun, sejak Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto berkunjung langsung di kawasan tersebut, akhirnya pisang Mulyo Dampit pun bisa dikenal orang banyak.

Berdasarkan penjelasan para petani setempat, sejarah ditemukannya pisang jenis baru yang bernama Pisang Mulyo, merupakan hasil kreativitas dari para petani. Setelah sempat gagal, suka duka yang telah dilalui tersebut akhirnya membuahkan hasil dan bisa dipanen seperti sekarang ini.

Sebelumnya, pisang mulyo ini dikenal warga setempat dengan nama pisang ijo. Namun, pada hasil kunjungan Khofifah dan Didik, akhirnya sepakat untuk memberikan nama pisang Mulyo. ”Karena juga sudah disetujui oleh pak Wabup, jadi pisang ini saya beri nama Pisang Mulyo,” Ujar Khofifah.

Baca Juga :  Gandeng Perguruan Tinggi, Kabupaten Malang Optimis Turunkan Stunting 4 Persen

Budiar Anwar selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Malang  menyebutkan, setelah Gubernur Jatim mengunjungi kawasan tersebut, budidaya pisang mulyo akan segera ditindaklanjuti agar penjualan jenis pisan tersebut dapat berkembang pesat.

“Harapannya agar keberadaan pisang ijo ini mendapatkan pengakuan dan bisa diterima di pasar global. Dan jika sudah diterima di pasar global, maka targetnya pisang ijo asal Kecamatan Dampit ini harganya pasti akan meningkat,” tuturnya.

Budidaya pisang ini dilakukan karena jenis pisang yang memiliki ukuran lebih besar dari pisang pada umumnya. Pisang mulyo juga menjadi salah satu pisang berbuah banyak. Hal itu lah yang mendasari Gubernur Khofifah tertarik mengembangkan dan membantu budidaya pisang mulyo.

Nantinya, pengembangan dan budidaya pisan mulyo juga diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian warga setempat di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Baca Juga :  Kota Malang Targetkan Smart City Terwujud di Seluruh Aspek Pada 2022

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Malang juga mengapresiasi upaya petani membudidayakan pisang mulyo ini. Pemkab Malang juga berjanji akan membantu pemasaran serta sertifikasi produk pertanian unggulan asal Desa Srimulyo.

Tujuan sertifikasi pada pisang mulyo dilakukan untuk meningkatkan taraf kualitas produk dari pisang tersebut. “Setelahnya kami berharap pisang ini keberadaannya diakui dan diterima pasar global,” Ujar Wabup Malang.

Apabila pisang mulyo dikelola dan dikemas secara baik, Didik meyakini bahwa harga pisang mulyo akan meroket. Selain diperjual belikan secara utuh, Pisang mulyo juga bisa dimanfaatkan menjadi berbagai olahan camilan. Olahan camilan tersebut seperti, keripik ataupun sale pisang.

Dengan disertifikasinya produk pisang milik petani Dampit, diharapkan menjadi salah satu semangat untuk terus mengasilkan berbagai produk pertanian unggulan. Agar keberadaannya pun diakui pasar global, sehingga perekonomian penduduk turut mengalami peningkatan.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait