Si Melon Ijo, Solusi Sebaran Elpiji Subsidi Tepat Sasaran - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Si Melon Ijo, Solusi Sebaran Elpiji Subsidi Tepat Sasaran
Pemanfaatan gas elpiji 3 kilogram (Foto:Chosa setya/Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Si Melon Ijo, Solusi Sebaran Elpiji Subsidi Tepat Sasaran

Satukanal.com, Malang – Pemanfaatan gas elpiji 3 kilogram yang sering kali kurang tepat sasaran, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memberi perhatian khusus terkait distribusi bahan bakar subsidi ini.

Salah satunya melalui aplikasi Monitoring, Evaluasi, dan Koordinasi Elpiji Tiga Kilogram (Si Melon Ijo) yang dilaunching langsung oleh Wali Kota Malang, Sutiaji, pada Senin (7/6), yang berlokasi di Ngalam Command Center (NCC) Balaikota.

Pada kegiatan tersebut, apresiasi tinggi diberikan Sutiaji soal inovasi aplikasi kontroling distribusi gas ini. Dirinya berharap agar aplikasi ini nantinya tidak berhenti sampai disini dan menjadi suatu program berkelanjutan.

“Tapi yang terpenting juga adalah memantau apakah jumlah penerima sudah sesuai. Karena yang memanfaatkan khusus dan jumlahnya terbatas. Kalau distribusi tidak tepat sasaran, bisa menyebabkan fluktuasi harga karena ada kelangkaan,” ujar Sutiaji.

Baca Juga :  Minimalisir Kasus Kematian, Dinkes Kota Malang Imbau Pasien Isoman Aktif Lapor Puskesmas

Terpisah, Asisten Perekonimian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi, menjelaskan bahwa dengan adanya aplikasi ini pemantauan bisa periodik dilakukan.

“Selama ini pantauan masih belum periodik, hanya kadang sewaktu mau lebaran, baru dipantau. Jadi kita tidak bisa lihat antara laporan dan fisik yang ada di lapangan sesuai atau tidak,” papar Diah pada tim Satukanal.com.

Sementara itu, Diah juga menambahkan beberapa fungsi penggunaan aplikasi ini, salah satunya guna meningkatkan sinergi pemantauan terkait penggunaan elpiji bersubsidi tabung 3 kilo di masyarakat sekitar Kota Malang.

“Fungsi dari aplikasi ini sebetulnya untuk meningkatkan sinergi pemantauan terkait dengan elpiji bersubsidi tabung 3 kilo” terangnya.

Selain itu, melalui aplikasi Si Melon Ijo, diharapkan 20 agen dan 601 pangkalan gas elpiji di Kota Malang dapat melakukan penginputan stok ketersediaan sehari-hari. Sehingga, dengan adanya data tersebut Pemkot Malang tiap minggunya dapat memperoleh laporan ketersediaan tabung elpiji 3 kilogram bersubsidi.

Baca Juga :  Kreatif! Mahasiswa UB Ciptakan Body Lotion Daun Kelor Cegah Covid-19

“Jadi setiap laku atau melepaskan tabung berapa, mereka harus input data di aplikasi. Mereka sudah punya password dan username masing-masing. Dan kita juga sudah adakan bimbingan teknis serta sosialisasi beberapa minggu yang lalu,” sambungnya.

Menurut Diah, tantangan terberat dari aplikasi baru ini adalah membiasakan para agen dan pangkalan gas elpiji untuk melakukan pelaporan harian.

“Ini nanti tantangannya memang membiasakan mereka menginput, karena selama ini mereka tidak biasa menginput. Memang butuh waktu tersendiri menginput, karena 20 agen dan 601 pangkalan itu orangnya banyak. Sehingga kita pendekatannya harus perlahan,” pungkasnya.

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait