Setelah Sutiaji Kini Arief Wicaksono, Mungkinkah Berduet? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Setelah Sutiaji Kini Arief Wicaksono, Mungkinkah Berduet?

Satuchannel.com, Kota Malang – Setelah dua hari yang lalu Wakil Wali Kota Malang mengambil formulir pendaftaranya sebagai Calon Wali Kota untuk pemilihan kepala daerah 2018 mendatang melalui PDIP. Giliran hari ini, Kamis (15/6) Ketua DPRD Malang yang sekaligus Ketua DPC PDIP Kota Malang yang mengambil formulir untuk pendaftaran calon wali kota malang tersebut.

Dua nama yang cukup diperhitungkan ini sama-sama melamar sebagai calon wali kota, artinya dipastikan akan ada perebutan rekomendasi dari DPP untuk salah satunya. Selain itu, dengan berkumpulnya dua nama besar itu, ada besar kemungkinan peluangnya untuk keduanya dapat berduet dalam pilkada 2018 nanti, entah Sutiaji sebagai Calon Wali Kota dengan Arief Wicaksono sebagai Calon Wakil Wali Kota, atau bahkan sebaliknya.

Sekretaris DPC PDIP Kota Malang (Iqbal)

Mengenai itu, Arief wicaksono yang tadi berada di Kantor DPC PDIP untuk melakukan pendaftaran coba untuk mengomentari. Menurutnya, dengan mendaftarnya Sutiaji di PDIP sebagai Calon Wali Kota yang berarti akan menjadi ‘rivalnya’ dalam memperebutkan rekom, justru dianggap sebagai sebuah amunisi yang berharga bagi PDIP sendiri.

“Bagaimana Sutiaji sebagai representasi kaum religius ini dapat bersatu dengan nasionalis. Dan bagi saya dengan mendaftar pak Sutiaji maka bisa jadi nasioanlis dan religius ini harus bersama-sama bergandengan tangan,” tutur Arief.

Namum demikian, ketika ditanya ada posisi mana Arief bila nantinya akhirnya berduet dengan Sutiaji, ia memilih mengembalikan sepenuhnya pada keinginan massa akar rumput partai yang menginginkan bila dirinya maju sebagai Calon Wali Kota.

“Yang pasti apapun keputusan yang nantinya dikeluarkan DPP, apa yang disammpaikan oleh sekretaris DPC tetap menjadi pertimbangan besar, bahwa PDIP yang memperoleh suara di atas 20% wajib hukumnya mengambil N1 Kota Malang,” tukasnya.

Selain itu, Arief juga berpendapat tentang peluang koalisinya dengan partai lainya. Secara normatif, ia menyebut bila hubunganya dengan elit partai lainya saat ini berjalan terbuka.

“Saya dan teman-teman parpol lain saling membuka peluang membina kebersamaan dan koalisi nanti kedepan kalau memang visi misinya sama. Dan dengan menaruh harapannya pada PDIP dalam membangun kota Malang ini dengan tentunya disertai komitmen,” ujar ketua DPRD aktif ini.

Dalam kesempatan ini, Arief juga menyampaikan keinginannya dalam membangun kota malang melalui momentum pendaftaran sebagai Bacalon walkot ini. Ia ingin bekomitmen agar anggaran APBD kota Malang ini merepresentasikan untuk kesejahteraan masyarakat kota malang, selain itu secara politis diharapkan akan terbentuk komunikasi yang berkualitas, baik antar elit politik maupun secara kelembagaan. (Iqb)

Kanal Terkait