Serukan Pelestarian Heritage Kayutangan, Forum Satus Repes Gelar Performing Art - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
desain oleh Forum Satus Repes
BERITA Kanal Highlight

Serukan Pelestarian Heritage Kayutangan, Forum Satus Repes Gelar Performing Art

satukanal.com, Malang – Sebagai bentuk pelestarian kawasan heritage Kayutangan, kawasan Kauman, Kota Malang, Komunitas Satus Repes menggelar performing art. Kegiatan yang akan digelar pada hari Minggu, 10 Oktober 2021 pagi tersebut melibatkan berbagai komunitas di Kota Malang.

Terdapat dua kegiatan yang berlangsung dalam satu hari: Pengecatan ulang bangunan cagar budaya yang mengalami vandalisme serta panggung apresiasi seni yang dilaksanakan secara bebarengan. Acara dimulai sejak pukul 09.00 WIB dengan titik kumpul di Balai RW IX. Sedangkan untuk lokasi pelaksanaannya sendiri berada di sepanjang koridor Kayutangan di Jl. Basuki Rahmat.

Tri Iwan Widhianto, salah satu inisiator Forum Satus Repes mengatakan,  sasaran pengecatan adalah bangunan-bangunan yang mengalami vandalisme. Dimulai dari Jembatan Penyeberangan Orang depan kantor Telkom. Selain itu, mereka juga menyasar perbaikan pot bunga di sepanjang koridor Kayutangan.

Sedangkan untuk kegiatan kedua yakni ekspresi musik, seni, dan budaya akan terdapat pada tiga titik. “Kegiatan ini akan difokuskan salah satunya berada di area utara kantor kas BRI Kayutangan , untuk gelaran karya seniman masing-masing berjarak 20-30 meter,” kata pria yang akrab disapa Iwan ini.

Baca Juga :  Virtual Event Kampung Tematik, Festival Lampion Batal Digelar, Digantikan Festival Keroncong

Menurut Iwan, kegiatan ini sudah mendapatkan ijin dari Pemerintah Kota Malang, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Meskipun dilaksanakan di sepanjang koridor, namun tidak akan dilakukan penutupan jalan.

“Harapannya setelah diadakan kegiatan ini, bukan hanya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait perlindungan cagar budaya saja, namun sekaligus membantu seniman-seniman supaya tetap mempertahankan eksistensinya di tengah pandemi ini,” tambahnya.

Relawan Forum Satus Repes bertekad memperluas gerakan untuk pelestarian bangunan bersejarah di Kota Malang. (foto: Lutfia untuk satukanal.com)

Benni, salah satu relawan Satus Repes juga berharap, kegiatan mereka tidak hanya berhenti di Kayutangan saja, namun mulai menyebar ke tempat-tempat lainnya pula. Meskipun bukan berasal dari program pemerintah, mereka yakin bahwa pergerakan mereka akan lebih kuat. Sebab hadir dan diinisiasi oleh elemen masyarakat itu sendiri. “Ini juga menjadi bentuk komitmen sekaligus keseriusan Satus Repes dalam mengajak warga berbenah dan menjaga cagar budaya yang ada di Kota Malang,” tukasnya.

Baca Juga :  Ketika Dosen Seni di Malang Mengupas Kendala Pembelajaran Seni Rupa di Kampus

Kota Malang dikenal memiliki beberapa warisan sejarah yang masih terus dijaga hingga sampai saat ini. Kampoeng Kayutangan menjadi salah satu program Pemerintah Kota Malang untuk membentuk perkampungan heritage sekaligus menghidupkan kembali kenangan masa lalu Kota Malang. Kayutangan merupakan perkampungan yang berisikan bangunan-bangunan tua dan kuno yang masih terawat keasliannya.

Sayangnya, cagar budaya yang seharusnya dijaga dan dilestarikan itu, tidak dapat terhindar dari ulah tangan-tangan jahil yang mencoret-coret bangunan bersejarah Kota Malang. Aksi vandalisme tersebut membuat resah para pihak-pihak yang menggabungkan diri mereka ke dalam sebuah komunitas bernama Satus Repes. Komunitas ini bisa terbentuk lantaran kepedulian mereka terhadap kawasan koridor Kayutangan yang dipenuhi aksi-aksi vandalisme oleh pihak yang tak bertanggung jawab. (*)

Pewarta : Lutfia

Editor: Danu  

Kanal Terkait