Sertifikasi Halal Vaksin Sinovac Terbit Hari ini Bersamaan Dengan Moment Vaksinasi Jokowi | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sertifikasi Halal Vaksin Sinovac Terbit Hari ini Bersamaan Dengan Moment Vaksinasi Jokowi
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Sertifikasi Halal Vaksin Sinovac Terbit Hari ini Bersamaan Dengan Moment Vaksinasi Jokowi

SATUKANAL.com, NASIONAL– Hari ini (13/01/2021), sertifikasi halal vaksin covid-19 sinovac diserahkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) kepada PT Biofarma (Persero).

Penyerahan itu seakan bersamaan dengan momentom penyuntikan dosis pertama vaksin tersebut pada Presiden Joko Widodo. Meski demikian, sertifikat ini telah diterbitkan oleh BPJPH Kementerian Agama pada Senin (12/01/2021) dan baru diserahkan ke PT Biofarma keesokan harinya.

Pada kesempatan itu pula Zainut Tauhid Sa’adi selaku Wakil Menteri Agama menuturkan, jika vaksin sinovac juga telah melalui uji klinis yang dilakukan BPOM.

“Bersamaan itu Badan Pengawasan obat dan makanan (BPOM) juga telah merilis emergency use authorization atau izin penggunaan darurat atas vaksin Sinovac ini,” ujar dia.

Zainut mengaku bahagia atas penerbitan sertifikasi halal tersebut. “Untuk proses sertifikasi halal vaksin Sinovac ini dilakukan sesuai regulasi yang telah diatur dalam undang-undang Nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal,” ungkapnya menjelaskan.

Baca Juga :  Waspadai Effect Libur Nataru 2021, Pemkab Kediri Tambah Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Menurut Zainut, permohonan sertifikasi halal vaksin sinovac telah diajukan oleh PT Biofarma dan diterima BPJPH pada (14/01/2021).  Penerbitan sertifikat halal ini juga didasarkan atas penetapan kehalalan vaksin yang telah dikeluarkan oleh Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia di hari Senin (11/01/2021).

Sedangkan pada pelaksanaannya, menurutnya BPJPH telah menetapkan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPPOM MUI) sebagai lembaga pemeriksa halal berdasarkan pemilihan dari pemohon.

Ada 7 proses yang dilalui vaksin sinovac hingga samapai ditahap ini yaitu permohonan, pemeriksaan, penetapan, pengujian, pengecekan, fatwa MUI, dan juga penerbitan sertifikat halal.

Baca Juga :  Youtuber Faisal Rahman Masuk Daftar Penumpang Pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Goodbye & Thank You Jadi Pesan Terakhirnya

“Jadi tahapannya diawali dari Kementerian Agama yaitu permohonan sertifikasi halal dan berakhir di Kementerian Agama yaitu terbitnya sertifikat halal,” kata dia

Sebelumnya, LPPPOM telah melakukan audit ke China dengan melakukan pemeriksaan atau pengujian produk. Darihasil tersebut pemeriksaan serta pengujian produk LPPPOM kemudian dilakukan sidang fatwa halal hingga terbit keputusanpenetapan halal produk dari Majelis Ulama Indonesia seteah menerima hasil uji klinis dari BPOM.

Tak lupa ia juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak perlu ragu terhadap vaksin Sinovac karena telah dinyatakan halal serta aman untuk digunakan.

“Masyarakat tak perlu ragu vaksin Sinovac ini halal, suci sekaligus halalan thayyiban atau aman untuk digunakan,” tegasnya

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait