Sering Terpapar Polusi Dan Asap Rokok? 5 Cara Membersihkan Paru-Paru Ini Perlu Dicoba - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sering Terpapar Polusi Dan Asap Rokok? 5 Cara Membersihkan Paru-Paru Ini Perlu Dicoba
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Sering Terpapar Polusi Dan Asap Rokok? 5 Cara Membersihkan Paru-Paru Ini Perlu Dicoba

SATUKANAL.com, NASIONAL– Cara membersihkan paru-paru perokok penting untuk dipahami dan dimengerti. Selain bagi perokok, bagi orang yang sering terpapar polusi udara dan orang dengan kondisi kronis pernapasan perlu juga mengetahui cara ini.

Pada dasarnya, menghirup polusi udara, asap rokok dan racun lainnya dapat merusak paru-paru. Bahkan menyebabkan penyakit. Apalagi untuk mereka yang menderita asma, fibrosis kistik dan penyakit paru obstruktif kronik.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan. Mengingat, paru-paru memegang peran penting untuk kesehatan seseorang secara keeluruhan.

Paru-paru sebenarnya adalah organ yang dapat membersihkan diri sendiri. Setelah terpapar polutan, maka ia akan menyembuhkannya sendiri. Paru-paru yang terpapar polusi seperti asap rokok membuat dadaterasa sesak atau meradang.

Untuk membantu membersihkan paru-paru, dapat digunakana metode khusu  dalam meredakan dada tersumbat maupun gejala tidak nyaman lainnya. Metode ini dapat membuka saluran lendir, meningkatkan kapasitas paru-paru, mengurangi peradangan serta dapat membantu mengurangi efek polusi dan asap di paru-paru. Berikut adalah beberapa cara membersihkan paru-paru yang dapat dicoba:

1. Terapi Uap

Terapi uap dilakukan degan cara menghirup uap air untuk membuka saluran udara dan emmbantu paru-paru mengeluarkan lendir. Orang dengan paru-paru mungkin melihat gejala mereka memburuk saat udara dingin atau kering. Iklim ini dapat mengeringkan selaput lendir di saluran udara dan membatasi aliran darah.

Baca Juga :  Kenali 10 Nama Baru Varian Baru Virus Corona

Sebaliknya, uap bisa menambah kehangatan dan kelembapan pada udara, yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu melonggarkan lendir di dalam saluran napas dan paru-paru. Namun, metode ini hanya dapat menjadi solusi sementara dan belum terbukti secara efektif.

2. Batuk Terkotrol

Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan  racun secara alami yang terperagkap di dalam lendir. Batuk terkendali akan mengencerkan lendir berlebihan di paru-paru dan mengirimkannya melalui saluran udara.

Orang-orang dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk membersihkan paru-paru mereka dari lendir berlebih, yakni: pertama, duduk di kursi dengan bahu dalam posisi rileks dan pastikan kaki berada rata di atas lantai. Kemudian, tekuk kedua tangan ke arah perut Ambil napas dari hidung secara perlahan.

Lalu keluarkan napas secara perlahan, dengan posisi kedua tangan sedikit menekan perut Saat menghembuskan napas, batuk sebanyak dua atau tiga kali dengan posisi mulut sedikit terbuka Lalu, ambil napas kembali melalui hidung

3. Olahraga

Untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental, olahraga teratur dapat dilakukan. cara ini juga dapat digunakan untuk emnurunkan risiko berbagai kondisi kesehatan termasuk stoke dan penyakit jantung.

Olahraga akan memaksa otot bekerja lebih keras serta meningkatkan laju pernapasan tubuh dan menghasilakan suplai okseigen yang lebih besar ke otot. Selain itu, sirkulasi tubuh juga dapat meningkat.

Baca Juga :  Awas Banyak Developer Nakal! Ini Tips Membeli Perumahan Yang Aman

Olahraga juga membuat tuhu lebih efisien dalam mebghilangkan kelebihan karbon dioksida yang dihasilakn tubuh. Bagi orang yang emderta PPOK atau asma harus berkonsultasi dengan ahli kkesehatan sebelum memulai rejimen olahraga baru.

4. Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung banyak antikosidan yang dapat membantu emngurangi peradangan paru-paru. Senyawa ini dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari menghirup asap. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidakminum sama sekali.

Teh hijau mengandung senyawa epigallocatechin gallate yang mampu menghancurkan dan menghambat pertumbuhan virus dan mikroorganisme. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, pneumonia memang disebabkan oleh bakteri S.pneumonia, jamur P.carinii, protozoa (toksoplasma), dan virus (CMV, herpes simpleks).

5. Konsumsi Makanan Anti Inflamasi

Radang saluran udara dapat membuat seseorang sulit bernapas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak. Mengonsumsi makanan antiradang juga dapat mengurangi peradangan untuk meredakan gejala tersebut.

Makanan yang dapat  membantu emlawan peradangan meliputi antara lain: kunyit, sayuran berdaun hijau, ceri, blueberries, zaitun, kenari, kacang polong dan kacang-kacangan.

Itulah cara membersihkan paru-paru. Kelima cara diatas dapat diterapkan sesuai dengan gejala yang dirasakan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan paru-paru, agar aktivitas keseharian dapat berjalan dengan lancar.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait