Sering Minum Es Teh Saat Berbuka Puasa? Hati Hati Bahayanya! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sering Minum Es Teh Saat Berbuka Puasa? Hati Hati Bahayanya! ati Hati Bahayanya!
BERITA Kanal Artikel

Sering Minum Es Teh Saat Berbuka Puasa? Hati Hati Bahayanya!

Satukanal.com, Nasional– Es teh menjadi salah satu minuman favorit yang seringkali disantap kala berbuka puasa. Minuman sejuta umat ini menjadi primadona pelepas dahaga paling jitu, sebab bisa dinikmati bersama berbagai varian makanan.

Minuman ini juga menjadi pilihan untuk dinikmati bersama keluarga tercinta di moment Ramadhan. Namun dibalik kenikmatannya,mengonsumsi es teh tetap harus berhati-hati .

Jangan sampai lebih dari tiga gelas sehari karena dapat mengancam kesehatan, bahkan bisa berujung pada kematian. Apa saja dampak buruk mengonsumsi es teh berlebihan? dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Obesitas

Penggunaan pemanis buatan pada es teh berpengaruh pada berat badan seseorang. Terlalu banyak mengonsumsi yang gula akan membuat berat badan seseorang bertambah. Apalagi jika meminum es teh manis yang dibeli di supermarket. Minuman teh kemasan, setidaknya memiliki 250 kalori dan mengandung lebih banyak gula dibandingkan dengan minuman soda. Hal ini tentu akan membuat pengkonsumsinya mengalami obesitas

Baca Juga :  Ingat! Hari Ini Pengumuman Hasil SBMPTN 2021, Ini Link Aksesnya

2. Bersiko Strok

Teh manis cenderung meningkatkan asupan gula di dalam tubuh, yang mengakibatkan kadar trigliserida menjadi tinggi. Inilah yang memicu resiko stroke pada manusia. Apalagi kalau sering diminum saat  berbuka puasa, tentu akan menimbulkan efek samping yang tidak bagus untuk tubuh.

3. Memicu Diabetes

Es teh ternyata bisa memicu penyakit diabetes. Hal tersebut terjadi jika seseorang memasukkan banyak gula, terlebih menggunakan pemanis buatan. Terlalu banyak mengonsumsi gula berpotensi memicu diabetes. Untuk itu jaga takaran gula jika mengonsumsi es teh.

Baca Juga :  Bisa Disimpan di Ponsel, e-KTP Digital Tengah Dipersiapkan

4. Memicu Batu Ginjal

Teh hitam mengandung oksalat yang dalam jumlah besar dapat terkonsentrasi di dalam urin dan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Kandungan oksalat di dalam teh cukup tinggi, belum lagi jika ditambah dengan konsumsi sayuran hijau seperti bayam yang juga tinggi oksalat maka dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal oksalat meningkat. Dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa sumber oksalat utama pada pasien-pasien dengan batu ginjal adalah kopi dan teh hitam yang diminum secara rutin setiap hari.

 

 

 

Pewarta : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait