Sering Dianggap Mirip, Ini Perbedaan AR dan VR - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
perbedaan AR dan VR
Ilustrasi penggunaan VR (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Sering Dianggap Mirip, Ini Perbedaan AR dan VR

Satukanal.com, Nasional – AR dan VR keduanya memang memiliki tampilan yang sama. Meskipun begitu, kedua teknologi tersebut memiliki perbedaan.

Teknologi VR atau Virtual Reality dan teknologi AR atau Augmented Reality ini memiliki tujuan yang sama. Yakni membangkitkan persepsi pada indera si pengguna. Sehingga pengguna bisa merasakan adanya dunia lain.

Agar pemahamanmu tentang perbedaan  dan AR dan VR lebih mendalam, berikut ulasan mengenai perbedaan keduanya.

1. Augmented Reality

Augmented Reality merupakan teknologi yang memungkinkan kamu menambahkan unsur digital ke dunia nyata. Salah satu contohnya adalah game Pokemon Go, yang membawa permainan dunia virtual ke dunia nyata.

Interaksi dengan obyek-obyek digital itu pun dapat dilakukan seperti benda fisik. Misalnya kita dapat memutari konten untuk melihatnya dari berbagai sisi mulai dari depan, kanan, belakang, kiri, hingga bahkan atas.

Baca Juga :  Omicron di Indonesia Bertambah Jadi 254 Kasus

2. Virtual Reality

VR merujuk kepada Virtual Reality atau realitas virtual. Kita dapat memanfaatkannya untuk menciptakan ruang digital yang bisa dimasuki oleh siapa pun dengan perangkat yang mendukungnya.

Dengan teknologi realitas campuran ini, kita bisa masuk ke dunia baru dan merasakan bagaimana berinteraksi di dalamnya memberikan pengalaman secara nyata seperti pergi tempat-tempat yang jauh tanpa perlu melakukan perjalanan ke sana.

VRSE produk VR luar biasa bisa menonton video 360 derajat dan dapat membawa ke banyak tempat. Sedangkan Cardboard Camera dapat melakukan pengambilan gambar dengan sudut sampai 360 derajat.

Perbedaan AR dan VR

VR benar-benar mengganti dunia nyata menjadi dunia maya baru. Sementara itu, AR hanya menambah dunia nyata dengan unsur digital. Ini membuat pengguna VR “pindah” dari dunia nyata ke dunia maya. Di sisi lain, pengguna AR tetap ada di dunia nyata.

Baca Juga :  Dijadwalkan Hari Ini, Berikut Cara Melihat Pengumuman Kuota Sekolah SNMPTN 2022

Biasanya, teknologi VR digunakan seseorang dalam bermain game. Sehingga seolah-olah, orang tersebut benar-benar masuk ke dalam dunia game yang sedang dimainkannya. Sedangkan dalam Augmented Reality (AR) tidak memerlukan seperangkat alat khusus untuk menikmatinya.

Selain sebagai teknologi yang membantu memudahkan, keduanya merupakan teknologi pendukung pekerjaan. Banyak bidang pekerjaan yang memerlukan alat ini. Seperti medis, telekomunikasi, militer, dan banyak lagi.

Jika melihat dari gambaran secara luas, teknologi-teknologi tersebut merupakan pemicu dari banyak hal lain. Seperti perekonomian, kesehatan, pertahanan, dan sebagainya.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait