Serahkan Diri Ke Polisi, Pelaku Sudah Jalankan Investasi Sejak 2015 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Serahkan Diri Ke Polisi, Pelaku Sudah Jalankan Investasi Sejak 2015

Satuchannel.com, Kota Batu – Akhirnya pelaku penipuan investasi bodong dengan nama akun facebook Mirna Cempluk alias Julisa Cancerisa (32), yang sempat menghebohkan warga Malang Raya telah menyerahkan diri ke Polres Batu Rabu sore (2/8) lalu.

“Tersangka JC alias Mirna Cempluk menyerahkan diri ke Polres Batu ditemani keluarganya pada rabu sore, JC merasa dicari banyak orang dan akhirnya ia menyerahkan diri,” kata Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto kepada awak media, Kamis (3/8).

Setelah menyerahkan diri, kemudian pelaku menjalani serangkaian pemeriksaan oleh penyidik dengan menghadirkan RA dan 21 saksi lain yang menjadi korban Mirna Cempluk.

Baca Juga :  Pandemi Belum Mereda, Salat Idul Adha di Batu Ditiadakan

“Rata-rata korban ini berasal dari Surabaya, Tulungagung, Kediri, Kota Malang, Kabupaten Malang, Pasuruan, Jember, Banyuwangi juga Kota Batu,” ujar pria kelahiran Pekanbaru itu.

Total kerugian ditaksir sekitar Rp 827 juta dengan barang bukti yang diamankan uang sejumlah Rp 950 juta, handphone, bukti transfer dan petunjuk lainnya. Dari hasil pemeriksaan lanjutan, Mirna Cempluk menjalankan usaha investasi ini sejak Juni 2015.

“Awalnya Mirna hanya berjualan online berupa pakaian bayi, kulkas, dan lain-lain. Lama-lama Mirna mengajak korban yang membeli di usaha onlinenya untuk berinvestasi menanam saham,” ungkap pria yang akrab disapa Buher itu.

Baca Juga :  Buah dari Tekad Belajar yang Kuat, Lulusan SR ini Ekspor Bonsai ke Eropa

Lanjut Buher, Bisnisnya tersebut diposting melalui Facebook. JC menjanjikan bonus profit 20 persen bagi konsumennya yang berinvestasi.

“Akhirnya para korban tergiur dan menginvestasikan uangnya hingga ratusan juta,” ujar Buher.

Akibat perbuatannya, tersangka dikenai pasal UU ITE No 19 tahun 2016 dan Pasal 372 dan 378 tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara.(swan)

Kanal Terkait