September 2021, Siswa SMP dan SMA Kota Malang Ditargetkan Tuntas Divaksin - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
September 2021, Siswa SMP dan SMA Kota Malang Ditargetkan Tuntas Divaksin
Siswa-siswi sekolah yang jalani vaksinasi (Foto: Ilustrasi Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

September 2021, Siswa SMP dan SMA Kota Malang Ditargetkan Tuntas Divaksin

Satukanal.com, Malang – Selain percepatan vaksinasi pada masyarakat umum, pemerintah Kota (Pemkot) Malang juga mulai gencar melakukan percepatan vaksinasi pada pelajar.

Percepatan vaksinasi pelajar itu tentunya sebagai upaya dari Pemkot Malang guna menunjang persiapan pembelajaran tatap muka. “Vaksinasi kita percepat, Insyaallah saya juga sudah minta tambahan kuota,” ujar Wali Kota Malang, Sutiaji, Selasa (24/08).

Ditargetkan, pihaknya mampu memvaksin 70 persen dari total penduduk Kota Malang. Namun, ketika dibandingkan oleh Sutiaji, hanya 57 persen dari jumlah warga yang sudah tervaksin merupakan penduduk asli Kota Malang.

“Selebihnya, 43 persen yang sudah tervaksin itu orang luar kota yang vaksinasi di Kota Malang. Kalau asumsi 70 persen dari total sekitar 800ribu warga, maka kurang lebih ada 600 ribu sekian. Jadi ya kita harus minta tambahan kuota untuk warga sendiri, karena banyak juga yang luar kota vaksin di sini,” jelasnya

Baca Juga :  PPKM Jombang Level 3, PTM Terbatas Segera Dibuka

Sementara ini, stok vaksin di Kota Malang hanya dikhususkan untuk dosis kedua. Dimana sekitar 60 ribu dosis telah disebar ke seluruh Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes). “Kalau sisa berapa sekarang, saya belum update. Terbaru beberapa hari lalu itu 60 ribu, tapi sudah disebar. Secepatnya akan datang lagi, karena kita kuatkan kuota,” imbuhnya

Dengan percepatan ini, orang nomor satu di Kota Malang tersebut menargetkan bulan September 2021 seluruh siswa SMP dan SMA sudah tervaksin. “September kita pastikan seluruh siswa SMP dan SMA sudah vaksin. Sehingga Insyaallah ketika PTM jalan, kita siap,” sambungnya.

Baca Juga :  Sergio Silva, Pemain Asal Portugal Gabung Arema FC

Meski siswa-siswi di Kota Malang sudah tervaksin seluruhnya, Sutiaji menegaskan bahwa protokol kesehatan (prokes) harus tetap diterapkan dan dipatuhi. “Meski sudah vaksin tetap ya 5M, karena virus makin bermutasi,” tambahnya.

Namun berkaitan dengan kepastian PTM di bulan September, Wali Kota yang mengenakan kacamata itu belum bisa memastikan. “Pak Presiden menyampaikan bahwa pemerintah daerah harus memastikan bahwa warga sudah divaksin semua. Nanti mulai pelan-pelan masuk. Kan bergantung dari pusat, kalau kita sudah siap semua berkaitan PTM,” tutup Sutiaji.

Pewarta : Chosa Ayu
Editor : Adinda

    Kanal Terkait