Sepi Publikasi, Tagana Dinas Sosial Kabupaten Malang Sabet Juara I Teladan Nasional - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Sepi Publikasi, Tagana Dinas Sosial Kabupaten Malang Sabet Juara I Teladan Nasional

Taruna Siaga Bencana (Tagana) menguarkan nama harum Kabupaten Malang di kancah nasional. Itu karena Tagana Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Malang menyabet juara I sebagai Tagana Teladan Tingkat Nasional Tahun 2018.

Prestasi membanggakan Tagana Dinsos Kabupaten Malang yang sepi publikasi tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Twiadi dari Tagana Dinsos Kabupaten Malang dalam acara peringatan puncak Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Ke-61 di Gorontalo, Kamis (20/12/2018).

Raihan positif Tagana yang berjibaku dalam berbagai persoalan sosial maupun bencana alam selama ini serta berbagai upaya penguatannya terhadap masyarakat Kabupaten Malang yang dikenal sebagai daerah rawan bencana alam menjadi nilai yang diapresiasi menteri sosial. Jalan sepi publikasi para Tagana Dinsos Kabupaten Malang ternyata tetap terlihat oleh pemerintah pusat yang mengganjarnya dengan apresiasi tinggi dalam menguatkan nilai sosial-kemanusiaan.

Nurhasyim, kepala Dinsos Kabupaten Malang yang mendampingi para tagana, menyampaikan bahwa raihan  tinggi tersebut tidak lepas dari kerja keras dan ikhlas. Juga berkat doa restu dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Malang serta organisasi perangkat daerah (OPD) yang terkait.Penghargaan bagi Karang Taruna Talangsuko, Turen, dari Menteri Sosial sebagai Juara Harapan I Karang Taruna Teladan Tingkat Nasional

“Ini adalah kerja kolektif kita sebagai masyarakat Kabupaten Malang. Sehingga penghargaan ini juga tentunya milik masyarakat. Bukan hanya piagam dan hadiah yang jadi tujuan akhir perjuangan para Tagana Dinsos. Tapi bagaimana kita berjuang bersama-sama untuk bernilai dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Nurhasyim, Kamis (20/12/2018) kepada MalangTIMES.

Baca Juga :  Apresiasi Anak Muda sebagai Penerus Bangsa, Sutiaji: Indonesia Berada Dipundak Kalian Semua

Nurhasyim juga menegaskan, peran Tagana Dinsos Kabupaten Malang sebagai jalan sepi kemanusiaan bukan sekadar kalimat.  Tapi memang tagana selama ini berkarya, berbakti dan berjuang dalam ceruk-ceruk sepi, tanpa keriuhan serta publikasi berlebihan.Dua dari belakang: Nurhasyim Kepala Dinsos Kabupaten Malang (dua dari kanan) saat menghadiri  peringatan HKSN di Gorontalo (Dinsos for MalangTIMES)

“Maka kita semua tentu berterima kasih kepada tagana dalam berbagai keterbatasan yang dimiliki mampu memberikan yang terbaik bagi kemanusiaan maupun bagi nama baik Kabupaten Malang,” ujar Nurhasyim yang juga menyampaikan raihan tersebut disumbang dari program pemberdayaan sosial dan perlindungan serta jaminan sosial.

Baca Juga :  Dinkes Tancap Gas, Kejar Ketertinggalan Vaksin Dosis 2

Bukan hanya Tagana Dinsos Kabupaten Malang yang menguarkan nama baik Kabupaten Malang di kancah nasional. Lembaga Karang Taruna Dharma Bakti Desa Talangsuko, Kecamatan Turen, pun memberikan hasil darma dan baktinya selama ini. Karang Taruna Dharma Bakti diganjar penghargaan dari menteri sosial sebagai juara harapan I untuk Karang Taruna Teladan Tingkat Nasional.

Maka, terbilang lengkaplah apresiasi dari pemerintah pusat bagi para pegiat kemanusiaan di Kabupaten Malang dalam mewujudkan berbagai kegiatan berbasis sosial-kemanusiaan. Kegiatan-kegiatan sepi yang kerap tidak terekspos masif oleh berbagai media, tapi dirasakan manfaat sebesarnya oleh masyarakat Kabupaten Malang.

Nurhasyim pun menyampaikan, dengan raihan tersebut, pihaknya berharap banyak pada tahun 2019 datang, seluruh elemen khususnya dari Tagana Dinsos Kabupaten Malang dan karang taruna yang ada, tidak berpuas diri.

“Harapan kami terus tingkatkan partisipasi untuk masyarakat. Khususnya dalam penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan kebencanaan sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Malang secara signifikan,” pungkasnya. (*)

Kanal Terkait