Seorang Bocah Tewas Digigit Anjing, Ketua Ngalam Pitbull : Bila Digigit Anjing, Alihkan Fokusnya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Korban tewas digigit anjing (Istimewa)
BERITA

Seorang Bocah Tewas Digigit Anjing, Ketua Ngalam Pitbull : Bila Digigit Anjing, Alihkan Fokusnya

Satuchannel.com, Kota Malang – Peristiwa tewasnya Ramiza Bazigha (8 tahun) warga Jalan Candi Penataran, Lowokwaru, Kota Malang akibat gigitan anjing, menggegerkan warga Kota Malang. Pasalnya, bocah perempuan ini meninggal akibat gigitan anjing jenis bully clasic dari ras bully milik orang tua angkatnya sendiri.

Menanggapi hal itu, Ketua Ngalam Pitbull Community (NPC), Indra Khusnul mengatakan, kemungkinan anak tersebut melakukan perlawanan dan orang di sekitarnya panik.

“Mungkin anaknya melakukan perlawanan, bisa juga kondisi anjingnya lagi stres karena kurangnya latihan fisik sehingga sangat aktif terhadap manusia,” ujar Indra saat dihubungi satuchannel, Senin (7/8).

Menurutnya, jika korban tidak melakukan perlawanan dan orang disekitarnya tidak panik mungkin saja tidak akan separah itu. Ditambahkan Indra, hal terpenting ketika menghadapi gigitan anjing harus tenang, semakin kita agresif dan ketakutan, semakin pula anjing itu tertantang dan melawan.

Anjing yang menggigit korban (Istimewa)

“Alihkan perhatian yang pertama, ketika melihat orang lain digigit anjing. Bisa dengan kaos atau jaket untuk merubah fokus anjing,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan, setiap orang yang memelihara anjing harus bijak memilih jenis anjing peliharaannya, jadi tidak asal untuk menjaga rumah saja. Harus dipikirkan pula kemampuan dan karakter yang sesuai dengan pemeliharanya.

Sebelumnya, seorang anak bernama Ramiza Bazigha meninggal dunia setelah mengalami gigitan anjing di leher dan mencakar muka korban pada Minggu sore (6/8) sekitar pukul 16.00. Anjing yang sebelumnya banyak diberitakan berjenis pitbull ini menyerang korban setelah mainan boneka, terjatuh tepat mengenai kepala saat si anjing tidur.

Malang menimpanya, saat hendak hendak mengambil boneka miliknya di kandang anjing terbangun dan langsung menyerangnya. Seketika, Korban meninggal usai mendapat luka gigitan di leher dan cakaran di muka. (Ars)

Kanal Terkait