SATUKANAL.COM
Kendala Surat Rekom
Sesi Foto Pendaftaran Bacabup dengan Komisioner KPU (Foto; Istimewa)
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN STRAIGHT NEWS

Sempat Menunggu 4 Jam Karena Kendala Surat Rekomendasi, Pendaftaran Dhito – Dewi Akhirnya Sukses

SATUKANAL, KEDIRI – Sempat terkena kendala surat rekomendasi, Hanindhito Himawan Pramono dan Dewi Maria Ulfa akhirnya terdaftar sebagai Bakal Calon Bupati – Wakil Bupati Kediri dalam Kontestasi Pemilihan Bupati Kediri 2020.

Diketahui keduanya mendaftar sebagai Cabup-cawabup pada hari ini, Jumat, pukul 13.30 di Gedung Baghawanta Bhari yang ada di Jalan Raya Pamenang Nomor 1 Kabupaten Kediri.

Ninik Sunarmi Ketua KPU Kabupaten Kediri mengatakan, dalam pendaftaran hari ini Bacabup dan Bacawabup sempat tertahan lama di Gedung tempat pendaftaran dilakukan.

Hal itu terjadi lantaran adanya ketidak samaan nama di Surat Rekom Partai yang termaktub di form B1 KWK dengan SK Kemenkumham Pengurus Partai Amanat Nasional (PAN).

Baca Juga :  UTD PMI Kabupaten Kediri Mulai Lakukan Jemput Bola Pendonor Darah

“Tadi kendalanya ada di nama sekjen di Form B1 KWK (Surat Rekom Parpol) yang tidak sama dengan nama di SK Kemenkumham Kepengurusan PAN,” Jelas Ninik kepada awakmedia. Jumat (4/9/2020).

Temuan tersebut menurut Ninik terjadi tidak hanya di Kabupaten Kediri saja, namun juga terjadi di seluruh daerah di Indonesia yang mengadakan Pilbup atau Pilwali dengan Surat Rekom PAN.

“Kasus ini terjadi di di seluruh Indonesia dari Partai PAN, jadi tidak hanya di Kediri saja,” tuturnya.

Karena ketidaksamaan tersebut Bacabup dan para pendukungnya sempat tertahan menunggu keputusan dari Dewan Perwakilan Pusat PAN.

Hingga akhirnya pada pukul 18.00 Sekjen PAN Muhammad Edy Dwiyanto Soeparno memberikan pernyataan bahwa nama tersebut memang dirinya termaktub dalam surat pernyataan bermaterai.

Baca Juga :  Warga Kediri Buat "Kokedama" Media Tanam Khas Jepang Berbahan Cocopeat dan Arang

“Berkaitan dengan perbedaan nama yang ada di Surat B1 KWK dan SK Kemenkumham itu sudah diputuskan selesai, Sekjen memberikan surat pernyataan langsung bermaterai yang diedarkan ke setiap DPD,” katanya Ninik.

Lebih lanjut Ninik menambahkan, dengan daftarnya Dhito hari ini, KPU masing membuka pendaftaran hingga tanggal 6 September 2020. Ditenggat waktu tersebut tiap partai masih bisa merubah rekom yang diberikan kepada Dhito.

“Kita berikan waktu hingga tanggal 6 pukul 24.00, selama masa itu partai masih bisa merubah rekom,” pungkasnya Ninik.

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait