Sempat Catatkan Omset Capai Rp16 Miliaran - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sempat Catatkan Omset Capai Rp16 Miliaran
Wisata Pujon Kidul (Foto: Wildan Agta/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Lipsus

Sempat Catatkan Omset Capai Rp16 Miliaran

Capaian spektakuler diraih Desa Pujon Kidul, Kecamataan Pujon, Kabupaten Malang di sektor wisata. Mencatat omset Rp16,65 miliar sebelum pandemi, dan menyerap 607 orang tenaga kerja.

Satukanal.com, Malang Wildan Agta

Kafe sawah, dengan deretan bangunan bambu dan desain yang artistik serta background bukit menjulang. Sebentar saja, kawasan ini kondang sebagai destinasi desa wisata yang eksotis.

Kejelian membaca peluang serta keberanian menyulap kawasan dengan pemandangan alam yang indah. Terobosan yang dilakukan Kepala Desa Pujon Kidul, Udi Hartoko ini membuahkan hasilnya.

Sejarah berdirinya Desa Wisata Pujon Kidul, bermula dari tahun 2011. “Saya melihat adanya potensi besar, maka dari itu dibuatlah visi misi guna membangun desa sebagai desa wisata,” ucap Udi Hartoko.

Baca Juga :  150 Hektar Lahan Beralih Fungsi, Hambat Resapan Air di Bagian Hulu

Sejak awal berdiri, Desa Wisata Pujon Kidul sudah dikelola oleh Bumdes. Di dalamnya, 80 persen terdiri dari anak muda. Menyebabkan kreatifitas dan semangat untuk membangun selalu tinggi.

Dia mengatakan awalnya hanya kafe sawah yang menjadi andalan. Tapi seiring berjalannya waktu, menyusullah Desa Wisata Pujon Kidul dan Kampung Budaya.

Perkembangannya sangat pesat meski ada beberapa tantangan ketika memulai gagasan tersebut. Salah satu contohnya adalah perbedaan pendapat dengan masyarakat lokal.

“Mereka sempat takut adanya wisata berdampak buruk bagi desa. Tapi setelah diberi penjelasan, syukurlah semua paham,” terang Udi. Selain itu, kekurangan sumber daya manusia (SDM) juga ikut berpengaruh.

Ia melakukan pendekatan pada mayoritas kaum muda. Supaya mereka bisa ikut terlibat dalam program tersebut. Hingga akhirnya mereka memiliki anggota kurang lebih 600 orang yang tergabung dalam Bumdes.

Baca Juga :  Sistem Ganjil-Genap di Kawasan Wisata Trawas dan Pacet Mojokerto Mulai Diberlakukan

Ternyata, keberanian Udi Hartoko ini menuai hasilnya. Tercatat pada tahun 2019, mereka mendapatkan omzet sebesar Rp 16.650.000.000. Pada tahun 2020 menurun jadi Rp 3.884.000.000 lantaran tutup selama 5 bulan imbas PSBB. Dan di tahun 2021 per Bulan April mencapai Rp 2 Miliar.

Ke depannya, ia tetap optimis agar Desa Wisata Pujon Kidul bisa terus berkembang. “Meski masa jabatan saya tinggal dua tahun lagi, saya optimis nantinya program ini bisa dilanjutkan dengan baik. Sebagai manusia memang itu yang harus dilakukan,” tutupnya.

 

 

Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait