SATUKANAL.COM
BERITA STRAIGHT NEWS

Semangat Juang Dipamerkan dalam Balutan Lukisan, Wawali Kota Malang: Anak Bangsa Wajib Tahu

Sederet lukisan tokoh dan anak bangsa dipajang rapi di setiap sudut Perpustakaan Kota Malang. Mulai dari BJ. Habibie, Gus Dur, Megawati, Sultan Hamengkubuwono, Menteri Susi Pudjiastuti, dan tak ketinggalan Presiden Joko Widodo. Lukisan itu merupakan hasil karya yang dipamerkan pelukis ternama, Jupri Abdullah.

Sederet lukisan bernilai seni tinggi itu pun dipamerkan dalam pameran tunggal Jupri Abdullah. Sebanyak 25 lukisan terpampang rapi di setiap sudut perpustakaan dan dapat dinikmati. Dengan mengangkat tema ‘Tokoh Bangsa’ pameran tersebut menjadi salah satu kekuatan yang hendak disebarluaskan kepada anak bangsa.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko berkesempatan membuka pameran tersebut pada Rabu (25/9/2019) sore kemarin. Usai menikmati sederet karya seni yang digoreskan sang maestro, pria yang akrab disapa Bung Edi ini menyampaikan rasa kagumnya.

“Lukisan yang dipamerkan ini sangat bermakna dalam mengenalkan tokoh-tokoh bangsa kepada masyarakat. Mengingat kembali bagaimana perjuangan mereka terhadap bangsa dan negara ini, dan diharapkan mampu menginspirasi serta membangkitkan semangat juang yang tinggi di dalam diri kita,” katanya.

Bung Edi juga menjelaskan, melalui kegiatan pameran ini, maka semakin mempunyai nilai strategis dalam memberikan pemahaman kepada generasi muda untuk menghargai hasil karya seni lukis tanah air sebagai budaya bangsa yang harus dijunjung tinggi. Sehingga mampu menimbulkan rasa cinta pada budaya bangsa sendiri.

Sementara itu, Jupri Abdullah berharap agar pameran lukisannya kali ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi pelukis – pelukis lainnya untuk terus berkarya dan berinovasi.

Dia bercerita, saat memasuki ruang pameran pengunjung akan disambut lukisan Presiden Indonesia Joko Widodo. Lukisan tersebut merupakan lukisan potret imajinasi, karena dalam lukisan dengan ukuran 200×300 cm sosok Jokowi digambarkan membawa lentera dan membawa UUD 45 Serta di sebelah kanannya terdapat burung Garuda yang mengikutinya.

“Dalam lukisan yang bertema membawa perubahan, ada lukisan konseptual Jokowi dalam lukisan tersebut digambarkan dengan sosok yang membawa lentera penerang, dengan tetap berpegang pada UUD 45,” ujar Jupri.

Kanal Terkait