Selama Proses Persidangan, Ternyata Subur Masih Anggota Aktif DPRD Kota Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Selama Proses Persidangan, Ternyata Subur Masih Anggota Aktif DPRD Kota Malang

Satuchannel.com, Kota Malang – Divonis penjara 4 bulan 15 hari membuat Anggota DPRD Kota Malang, Subur Triono akan bebas dari jeruji LP Lowokwaru pada sabtu (24/6) nanti. Selama proses hukum, ternyata Subur masih merupakan Anggota DPRD dan kader aktif Partai Amanat Nasional (PAN).

Terdakwa kasus penipuan ini merasa, walaupun masih dalam proses hukum, dirinya masih sah sebagai anggota aktif DPRD Kota Malang. Ia juga menyebut, Surat Keputusan (SK) sebagai anggota dewan juga masih ada dan berlaku.

“Setelah bebas, saya akan ke kantor seperti biasa, nanti saya juga akan klarifikasi sama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN). Sejak kasus ini mencuat kan, saya belum pernah klarifikasi,” jelasnya.

Terkait adanya surat DPP PAN tentang pemecatan terhadap dirinya sebagai kader PAN, Subur mengaku masih menjadi Keder aktif yang sah di PAN. Sebab, gaji Subur sebagai anggota dewan masih dipotong untuk kas partai.

“Gaji saya masih dipotong, berarti kan saya masih dianggap sebagai anggota partai,” paparnya.

Pada 19 Juni 2017 lalu, Subur Triono menjalani persidangan terakhir dengan agenda vonis tuntutan dari Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Malang. Putusan vonis itu langsung dibacakan Hakim Sihar Hamonangan Purba.

Subur Triono telah terbukti secara sah melanggar pasal 378 KUHP tentang penipuan. Majelis Hakim masih mempertimbangkan beberapa hal yang meringankan hukuman Subur lantaran adanya kesepakatan perdamaian Subur dengan korban, Endank Sulistyowati.

Selain kesepakatan damai, pencabutan laporan polisi dan bukti nota pelunasan uang sebesar 600 juta pun telah dituntaskan oleh Subur.

Menimbang hal itu, Majelis Hakim pun mengganjar Subur dengan hukuman penjara empat bulan 15 hari, dipotong masa tahanan subur yang sudah berlangsung 4 bulan 12 hari. Sehingga dengan sisa hukuman 3 hari lagi, Subur Triono akan bisa kembali menghirup udara bebas. (GUM)

Kanal Terkait