Selain Tes TOEFL, Daftar Nama Tes ini Dapat Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asingmu | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
images (2)
Ilustrasi penggunaan bahasa asing di beberapa negara (Foto : inspirasipagi.id)
RISET

Selain Tes TOEFL, Daftar Nama Tes ini Dapat Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asingmu

SATUKANAL, MALANG – Di era globalisasi ini, generasi muda diharapkan bisa mengikuti perkembangan jaman.

Besarnya peluang pertukaran pelajar, kesempatan karir di luar negeri juga membuat masyarakat perlu untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing.

Segelintir persyaratan umum untuk jenjang pendidikan hingga ketenagakerjaan membutuhkan pendukung berupa bahasa asing.

Di Indonesia sendiri perusahaan badan usaha milik negara atau BUMN juga mensyaratkan untuk melampirkan bukti kemampuan bahasa asing seperti yang banyak digunakan adalah TOEFL, TOEIC dan IELTS. TOEFL sendiri merupakan Test of English as a Foreign Languany yaitu ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke perguruan tinggi di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Skor TOEFL di beberapa perusahaan BUMN berada dikisaran 450-550.

Untuk jenjang pendidikan di luar negeri dibutuhkan skor minimal 500.

Sedangkan TOEIC adalah (Test of English for International Communication)  TOEIC adalah sebuah tes untuk menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris di dunia kerja.

Tes ini hanya dilaksanakan di negara-negara yang tidak berbahasa Ibu Bahasa Inggris. TOEIC lebih untuk sertifikat pengakuan untuk persiapan masuk dunia kerja dengan kemampuan Bahasa Inggris memenuhi standart.

Rata-rata untuk BUMN menargetkan skor sebesar 405 untuk TOEIC.

Terdapat pula IELTS yaitu International English Language Testing System. IELTS adalah uji coba kemampuan berbahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council, dan IDP Education Australia.

Lembaga kursus English First menemukan bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris Britania atau British.

Terdapat dua modul yaitu Modul akademik untuk perguruan tinggi. Serta modul pelatihan umum bagi yang berencana mengikuti pelatihan non akademik, untuk memperoleh pengalaman kerja atau untuk tujuan keimigrasian. Tes IELTS untuk persiapan ke luar negeri setidaknya skor mencapai 5.5-6.

Selain TOEFL, TOEIC dan IELTS, terdapat beberapa jenis tes untuk mengukur bahasa asing secara internasional. Diantaranya adalah TOPIK, DELF, DELE, JLPT.

Pertama adalah TOPIK yaitu adalah Uji Kemahiran dalam bahasa Korea, yaitu tes tertulis yang dirancang untuk mengukur kemampuan  ekspresi dan pemahaman dalam bahasa Korea.

Test TOPIK sendiri memiliki tiga tingkatan yang berbeda antara lain Pemula (초급), Menengah (중급) dan Lanjutan (고급).
Tes TOPIK ini dimaksudkan untuk orang yang bukan asli dari Korea, seperti pembelajar bahasa Korea, siswa internasional yang ingin belajar di Korea serta individu yang ingin bekerja di perusahaan Korea dan lembaga-lembaga publik.

Tes ini juga berfungsi sebagai kesempatan yang baik untuk menerima sertifikasi resmi bagi mereka yang berharap untuk menggunakan Bahasa Korea dalam karier mereka.

Masa berlaku sertifikasi TOPIK sama dengan TOEFL, TOEIC dan IELTS yang hanya berlaku 2 tahun saat sertifikat dikeluarkan. (hangguk.com).

Masih di sekitar Asia, tes bahasa asing lain yang terkenal adalah JLPT. JLPT merupakan (Japanese Language Proficiency Test) atau nihongo noryoku shiken (NNS).

Ini adalah ujian kemampuan bahasa Jepang bagi non-penutur asli bahasa Jepang dan akan mendapatkan sertifikat kemahiran bahasa Jepang berdasarkan tingkatan. Ada sekitar 5 tingkatan level dalam JLPT yang berguna dalam segi pendidikan maupun karir. Masa berlakunya sertifikasi JLPT untuk seumur hidup (jepang.com).

Pada tingkat bahasa Eropa terdapat DELF dan DELE. DELF sendiri ialah Diplôme d’études en langue française merupakan ujicoba kemampuan bahasa Perancis yang diselenggarakan oleh Centre international d’études pédagogiques di bawah wewenang Kementerian Pendidikan Perancis.

Di Indonesia, ujian DELF hanya diselenggarakan oleh Lembaga Indonesia Prancis (LIP) atau Institut Français d’Indonésie (IFI). Tingkatan ujian DELF terdiri dari tingkat A1, A2, B1, B2. Tingkat C1 dan C2 merupakan tingkat mahir atau biasanya disebut DALF.

Masa berlaku sertifikasi DELF dan DALF seumur hidup dan dapat digunakan untuk pendidikan maupun jenjang karir (wikipedia.org).

Terakhir adalah DELE atau Diploma de Espanol como Lengua Extranjera. DELE merupakan sertifikasi resmi yang dikeluarkan oleh Spanish Instituto Cervantes atas nama Kementerian Pendidikan dan Sains Spanyol kepada peserta yang telah lulus tes standar yang mengindikasikan kemahiran bahasa Spanyol Eropa.

Ijazah ini berlaku secara permanen dengan memiliki tingkat seperti DELF.

Pewarta : Sherla Naya

Editor      : Heryanto

 

    Kanal Terkait