Selain 7 Titik, Ada 20 Lokasi Penyekatan Lain di Perbatasan Jatim - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Selain 7 Titik, Ada 20 Lokasi Penyekatan Lain di Perbatasan Jatim
Foto: Polda Jatim
BERITA Kanal Highlight

Selain 7 Titik, Ada 20 Lokasi Penyekatan Lain di Perbatasan Jatim

SATUKANAL.com, JAWA TIMUR– Larangan mudik yang berlaku selama 6 hingga 17 Mei 2021, menjadikan sejumlah kebijakan penyekatan diterapkan oleh Polda Jawa Timur (Jatim).

Sebelumnya, diketahui bahwa ada 7 titik penyekatan yang akan diberlakukan. Dari ketujuh titik tersebut, kemudian ditambahkan menjadi 20 lokasi  penyekatan di perbatasan wilayah kabupaten.

Sementara itu, sosialisasi penyekatan itu telah digelar sejak 12  April hingga 25 April 2021. Bagi masyarakat yang melakukan pelanggaran, akan diberikan sanksi putar balik pada tanggal 6 sampai 17 Mei 2021 mendatang.

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta mengatakan, pihaknya masih dalam tahapan sosialiasi. “Kami akan melakukan beberapa penyekatan, kami sosialisasikan daris ekarang. Jadi sosialiasi dan edukasi ini maknanya supaya masyarakat mengerti dan melaksanakan program pemerintah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, operasi keselamatan dan penyekatan ini juga bertjuan untuk mengantisipasi masyarakat pergi mudik serta guna memutus mata rantai penularan Covid-19. “Harapannya, dengan adanya kebijakan ini, angka penularan Covid-19 tidak semakin tinggi. Mengingat tahun lalu juga diberlakukan kebijakan yang hampir serupa,” ujarnya.

Baca Juga :  Khofifah : BOR Jatim Melandai, Kita Mulai Fokuskan di Isoter

Disebutkan bahwa 7 titik penyekatan di Jatim yaitu Perbatasan Gerbang Tol Ngawi- Solo, Perbatasan Ngawi Mantingan- Sragen, Perbatasan Tuban- Rembang, Perbatasan Bojonegoro- Cepu, Perbatasan Magetan- Karanganyar,Perbatasan Pacitan Donorejo- Wonogiri Dan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi- Gilimanuk.

Pengecekan seperti pemeriksaan maksud dan tujuan bepergian serta pemeriksaan kondisi kesehatan penumpang akan diberlakukan di titik-titik yang telah ditentukan. Bagi mereka yang memiliki tujuan mudik, akan dihimbau untuk memutar balik kendaaraannya dan kembali.

Sedangkan, pemeriksaan penumpang kendaraan umum seperti SOP pencegahan Covid-10 (penggunaan masker penempatan tempat duduk dan pemeriksaan thermo gun) juga akan dilakukan. Tak lupa dilakukan pula sosialiasai dan himbauan untuk tidak bepergian guna mencegah penularan Covid-19.

Baca Juga :  Miris! Sudah 537 Warga Kabupaten Kediri yang Nyawanya Direnggut Covid-19

Untuk lebih lengkapya, berikut data 20 lokasi penyekatan perbatasan wilayah dari Dirlantas Polda Jatim yang diterima oleh Satukanal.com:

1. Perbatasan Gresik-Lamongan
2. Perbatasan Sidoarjo-Pasuruan
3. Perbatasan Mojokerto-Sidoarjo
4. Perbatasan Pasuruan-Probolinggo
5. Perbatasan Probolinggo-Situbondo
6. Perbatasan Pasuruan-Malang
7. Perbatasan Malang-Lumajang
8. Perbatasan Situbondo-Banyuwangi
9. Perbatasan Jember-Lumajang
10. Perbatasan Nganjuk-Jombang
11. Perbatasan Jombang-Mojokerto
12. Perbatasan Blitar-Kediri
13. Perbatasan Kediri-Malang
14. Perbatasan Bojonegoro-Tuban
15. Perbatasan Ngawi-Madiun
16. Perbatasan Madiun-Magetan
17. Madura sisi utara
18. Madura sisi selatan
19. Pintu masuk Tol Ngawi
20. Pintu masuk Tol Probolinggo

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait