Sejumlah Tempat Wisata yang Tidak Disarankan di Tahun 2020, Salah Satunya Ada di Indonesia | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
892465d22013
Salah satu spot wisata yang berada di Indonesia, Wae Rebo terletak di Kabupaten Manggarai, NTT. (Foto: Superadventure)
BERITA HIGHLIGHT RISET

Sejumlah Tempat Wisata yang Tidak Disarankan di Tahun 2020, Salah Satunya Ada di Indonesia

SATUKANAL, MALANG – Setidaknya ada 13 destinasi wisata di dunia yang masuk dalam daftar yang tidak disarankan untuk dikunjungi.

Apalagi untuk dijadikan tempat pelesiran di tahun depan.

Daftar yang tidak disarankan tersebut dikeluarkan oleh media AS yakni Fodor’s Travel. Sebuah media yang bergerak dibidang wisata hiburan dan perjalanan dunia.

Selain karena masalah lingkungan serta persoalan pendapatan juga ada yang lantaran membahayakan nyawa pengunjung.

“Untuk tahun ini, seperti yang kami lakukan tiap tahun kami fokusnya pada destinasi dan isu yang membuat kita beristirahat sejenak. Masalah yang mendasarinya adalah masalah yang akan kita hadapi satu dekade mendatang” tulis Fodo’r Travel.

Meskipun keputusannya tetap diserahkan pada pihak wisatawan domestik maupun mancanegara, hal ini setidaknya memberikan padangan dalam penentuan yang membacanya dalam melakukan dan merencanakan perjalanan sendiri.

Berikut beberapa tempat wisata di dunia yang tidak sarankan atau masuk dalam Nol List untuk tahun 2020 mendatang:

Pertama, ada di Indonesia yakni Pulau Bali. Alasan Bali tidak disarankan untuk menjadi tempat destinasi wisata tahun mendatang lantaran kebanyakan pariwisata massal yang mempengaruhi kehidupan warga lokal, dari harga hunian yang meroket, sampah plastik, kelangkaan air bersih, kerusakan bangunan, dan transportasi yang terganggu.

Baca Juga :  Rangkum Segala Trending di 2020, YouTube Rewind Indonesia Tuai Pujian Warganet

Hal serupa juga terjadi pada tempat wisata di negara lainnya, seperti Barcelona di Spanyol, Big Sur di California, AS, Hanoi Train Street di Vietnam, dan Angkor Wat di Kamboja.

Tempat-tempat tersebut sebenarnya tidak menginginkan kamu atau mengingankan pendatang tetapi dalam jumlah yang sedikit agar tidak terjadi kerusakan lingkungan dan sebagainya.

Kedua, yakni wisata naik gunung. Gunung tersebut adalah Gunung Matterhorn yang berada di Swiss, Fodor’s Travel menilai tempat ini berbahaya bagi pangunjung atau pendaki.

Lantaran banyak kasus pendaki gunung yang tewas di gunung ini, karena medan yang berat dan cuaca yang tidak menentu.

Ketiga, ada wisata terumbu karang yang butuh waktu perbaikan.

Ini terjadi pada terumbu karang yang berada di Samudera Atlantik, berdekatan dengan Florida, Amerika Serikat yang terkena penyakit misterius dan berpengaruh pada biota laut lainnya.

Sehingga tempat ini masuk dalam daftar wisata yang tidak disarankan di tahun 2020 nantinya.

Baca Juga :  Rangkum Segala Trending di 2020, YouTube Rewind Indonesia Tuai Pujian Warganet

Selanjutnya, keempat ada Pulau Komodo di Indonesia dan Pulau Galapagos yang secara politis ikut Ekuador.

Tempat ini tidak disarankan lantaran biaya wisata yang dianggap terlalu murah.

Pajak turis yang terlalu murah dinilai tidak akan mengurangi dampak pariwisata massal, serta ditakutkan berpengaruh pada kelestarian hewan langka seperti Komodo dan kura-kura terbesar di dunia yang ada di Kepulauan Galapagos.

Selain itu, ada beberapa juga tempat yang tidak sarankan lantaran tempat yang tidak aman, bahkan mematikan warga lokal seperti Cape Town di Afrika Selatan. Serta Tahiland yang juga disoroti lantaran banyak tempat wisata yang mengeksploitasi hewan gajah. Juga Kosta Rika dan Meksiko yang harus diwaspadai setelah banyak wisatawan dan warga lokal meninggal setelah mengonsumsi alkohol.

“Oleh karena itu yang ditampilkan dalam No Lits bukan daftar terlarang. Sebaliknya ini adalah semacam janji ketika kita benar-benar membahas tujuan yang disebutkan disini, di tempat yang menakjubkan, kita akan berwisata dengan bertanggung jawab,” tulisnya Fodor’s Travel.

    Kanal Terkait