Sejak Dibuka, Peziarah Makam Gus Dur Capai Ribuan di Akhir Pekan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sejak Dibuka, Peziarah Makam Gus Dur Capai Ribuan di Akhir Pekan
Peziarah saat mengunjungi makam Gus Dur di area Ponpes Tebuireng Jombang. (Foto: Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Sejak Dibuka, Peziarah Makam Gus Dur Capai Ribuan di Akhir Pekan

Satukanal.com, Jombang – Sejak dibuka, kawasan makam Gus Dur Tebuireng, di Kecamatan Diwek, Jombang padat dikunjungi peziarah. Bahkan, di akhir pekan, jumlah peziarah bisa mencapai ribuan.

Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19, Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Lukman mengatakan, setiap harinya pengunjung selalu ramai.

“Tebuireng selama buka untuk peziarah sejak bulan lalu ini Alhamdulillah kondusif,” ucapnya pada Kamis (30/12/2021).

Para pengunjung bukan hanya datang dari dalam daerah. Namun juga berasal dari luar daerah juga hadir untuk berkunjung. Terlebih, sejak awal pandemi, kawasan makam Tebuireng ditutup.

“Pengunjung dari luar daerah, semua peziarah kita tampung. Namun tetap kita tetap ikuti aturan-aturan yang berlaku,” katanya.

Ia melanjutkan, peziarah bisa sampai ribuan jika sudah masuk di akhir pekan.

“Paling banyak di hari Sabtu dan Minggu. Peziarah yang datang di hari itu bisa mencapai 5 ribu,” ujarnya.

Baca Juga :  Mencengangkan! Ini Deretan OTT KPK di Awal Tahun 2022, 3 Pejabat Daerah dan 1 Hakim

Terlebih, sekarang sudah masuk Natal dan Tahun Baru (Nataru) biasanya peziarah akan lebih banyak.

Sebagai langkah antisipasi, kami menghimbau agar peziarah tetap patuh Protokol Kesehatan (Prokes) mencuci tangan dan memakai masker serta menjaga jarak.

“Kami berharap, apalagi saat lebaran nanti tidak menjadi cluster baru,” katanya.

Area makam yang terhitung hampir dua tahun tutup akibat pandemi Covid-19 membuat aktivitas religius masyarakat terhenti. Terlebih, makam Gus Dur sendiri kerap kali didatangi peziarah dari luar kota.

KH Abdul Hakim Mahfudz, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang menuturkan, menurunnya angka persebaran Covid-19 di Indonesia menjadikan landasan dibukanya kembali area makam untuk ziarah.

“Makam telah dibuka kembali. Tapi dalam tahap uji coba, artinya pada bulan November sampai Desember makam dibuka dari pukul 08.00-13.30 WIB saja,” tukasnya.

Baca Juga :  Setubuhi Balita di Balai Desa, Kakek di Jombang Ditangkap Polisi

Hal tersebut dilakukan, karena pihak pondok tetap ingin menjaga, terlebih area makam Gus Dur juga dekat dengan lingkungan santri. Jika seperti keadaan normal makam dibuka setiap hari, untuk uji coba, setiap hari Jumat malam tutup untuk peziarah.

“Ada pembatasan, area makam dibatasi 150 orang selebihnya bisa menunggu di area parkir dan akan dijaga oleh petugas, waktu untuk ziarah 20 menit. Peziarah juga sudah melakukan vaksinasi tahap dua jika ingin masuk sebagai syarat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, area makam Gus Dur sendiri sempat ditutup. Sebelumnya pihak pondok telah menetapkan melalui Surat Edaran (SE) Pengasuh Ponpes Tebuireng nomor 1524/I/HM 00 01/PENG/2020 tanggal 14 Maret 2020.

 

 

Pewarta : Anggit Puji
Editor : Adinda

    Kanal Terkait