SATUKANAL.COM
BERITA HIGHLIGHT RISET

Sehari 2 Butir, Konsumsi Telur Bantu Tingkatkan Imunitas

SATUKANAL, MALANG – Konsumsi bahan pangan bergizi tinggi menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh di saat pandemi Covid-19 seperti ini.

Salah satu bahan pangan yang mudah ditemui di pasar, warung-warung kecil, hingga tukang sayur yakni telur.

Dengan mengonsumsi telur dua butir dalam sehari, kandungan-kandungan baik didalamnya akan turut meningkatkan imunitas tubuh.

Dosen Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (UB) Malang, Manik Eirry Sawitri mengungkapkan bahwa telur sebagai kandungan protein hewani ternyata bisa berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Menurut dia, selain telur bahan pangan bersumber hewani seperti susu, telur, ikan, dan daging terbukti mengandung protein tinggi.

Kandungan ini berfungsi sebagai penghasil Conjugated Linoleic Acid (CLA), komponen bioaktif untuk meningkatkan imun tubuh.

“CLA merupakan asam lemak yang memberikan peran positif bagi kesehatan,” terangnya.

Manik menguraikan, telur merupakan alternatif prioritas yang bisa didapat dalam keadaan perekonomian keluarga yang terbatas.

Terlebih, harga telur juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan daging, susu, atau sumber protein hewani lain.

“Kandungan telur disebut sebagai wonderful food. Meliputi air, karbohidrat, lemak, protein, bermacam vitamin dan mineral, serta trace element lainnya, yang berfungsi mensinergi tubuh,” paparnya.

Dia menjelaskan, bagian kuning telur mengandung High Density Lipoprotein (HDL), yang selama ini dikenal sebagai asam lemak baik.

Selain itu, juga terdapat kandungan OMEGA 3, OMEGA 6, bahkan OMEGA 9.

“Kandungan ini terakumulasi pada bagian kuning telurnya dan dapat memperbaiki respon imun,” ujar Riri, sapaan akrabnya.

Riri menambahkan, berbagai vitamin yang dikandung dalam telur mempunyai bermacam fungsi dalam mendukung peningkatan sistem imun tubuh.

Di antaranya yaitu vitamin A, D, B5, B12, dan E, serta zat besi, folat, dan selenium.

“Kondumsi dua butir telur per hari dapat memenuhi sekitar 82 persen kebutuhan vitamin D, vitamin A 14 persen,15 persen kebutuhan vitamin B12, dan 20 persen vitamin E harian,” tuturnya.

Sedangkan zat besi yang berfungsi untuk membawa Oksigen ke seluruh  jaringan tubuh, terkandung sebanyak 0,9 mg di satu butir telur.

“Konsumsi telur dua butir sehari hal ini lebih sesuai bagi konsumen dengan usia produktif ataupun balita dan batita dalam masa pertumbuhan serta bagi ibu hamil dan ibu menyusui,” tegasnya.

Sementara untuk lansia, jumlah konsumsi telur lebih terbatas.

“Mengonsumsi tiga butir telur seminggu sudah cukup, karena dampak buruk akan kolesterol yang kurang bersahabat selalu menyertai bagi lansia,” pungkasnya.

Berdasarkan data Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jawa Timur, harga telur mengalami penurunan tipis selama sepekan terakhir.

Harga telur rata-rata di Jawa Timur, hari ini (15/4/2020) berada di angka Rp 22,9 ribu per kilogram.

Redaktur: N Ratri

Kanal Terkait