Segera! City Tour Kota Kediri, Lebih Dari 7 Titik Destinasi Sejarah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Segera! City Tour Kota Kediri, Lebih Dari 7 Titik Destinasi Sejarah
STRAIGHT NEWS

Segera! City Tour Kota Kediri, Lebih Dari 7 Titik Destinasi Sejarah

Satukanal.com, KediriPemerintah Kota Kediri akan segera merealisasikan program City Tour, berwisata ke bangunan cagar budaya dan bersejarah di wilayah Kota Kediri.

Walikota Kediri Abu Bakar Abdullah, mengatakan pengadaan program City Tour ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat yang ingin mengetahui sejarah di Kota Kediri. Terdapat lebih dari 7 (Tujuh) titik menjadi destinasi, peninggalan sejarah masa kerajaan dan kolonial.

“Masih belum fix (destinasi) kemungkinan terus bertambah. Dari Masjid Agung, ke Klenteng, Jembatan Lama. Melewati Benteng Kantor Polisi, Rumah Kapolres, Pengadilan Negeri Kediri, yang menjadi tempat pertama kali sangsaka merah putih dikibarkan di Kediri. Gunung Klotok, dan lain-lain,” kata Abu, saat menghadiri peringatan 152 tahun, cagar budaya jembatan lama (Brug Over Brantas Te Kediri), Kamis 18 Maret 2021.

Baca Juga :  Susunan Pemain Persik Melawan Persela Lamongan

Dia juga menuturkan, kisaran waktu yang ditempuh dalam program City Tour kisaran 30 sampai 45 menit. Bahkan, di lokasi Gunung Klotok juga ada tempat menarik bagi pengunjung yang hobi mendaki gunung.

Dalam menjalankan program City Tour ini, pihaknya bekerja sama dengan komunitas dan budayawan, yang ada di Kota Kediri. Bahkan juga melibatkan pihak hotel dan penginapan bagi pengunjung dari luar kota.

“Nanti akan jadi kota percontohan. Dan mungkin banyak yang pengen tau sejarah-sejarah kota Kediri. Seperti tamu yang datang di Pemkot Kediri,” terangnya.

Baca Juga :  Catat! Ini Syarat Terbaru Perjalanan Dalam Negeri Mulai 1 April 2021

Sementara itu, tokoh Budayawan Imam Mubarok Muslim (Gus Barok) menambahkan, program City Tour disambut baik demi menjaga kelestarian tempat-tempat bersejarah.

Dengan City Tour, dapat menikmati mengelilingi aset-aset indah sejarah yang dimiliki Kota Kediri. “Saya usulkan rute cagar budaya, mulai dari Klenteng hingga Selomangkleng. Dilanjutkan ke jembatan lama, Benteng. Lanjut belok kanan Gereja merah, dan bangunan era kolonial, ke Barat sampai ke Gunung Klotok,” tutup Gus Barok.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait