Sebut Capaian Sudah 70 Persen, Vaksinasi Covid-19 Kini Sasar Rumah Ibadah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sebut Capaian Sudah 70 Persen, Vaksinasi Covid-19 Kini Sasar Rumah Ibadah
Proses vaksiniasi di salah satu rumah ibadah di Jombang (Foto: Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Sebut Capaian Sudah 70 Persen, Vaksinasi Covid-19 Kini Sasar Rumah Ibadah

Satukanal.com, Jombang – Guna mencapai target vaksinasi Nasional, Kepolisian Resor (Polres) Jombang menggelar vaksin Covid-19 di rumah ibadah. Vaksinasi ini juga disebut sudah menyentuh 70 persen pada Senin (06/09/2021).

Sebanyak 300 warga Jombang menjalani vaksinasi Covid-19 di Klenteng Hok Liong Kiong di Jalan RE Martadinata, Desa Kepatihan, Kecamatan Jombang. Ratusan orang tersebut disuntik vaksin Sinovac. Proses vaksinasi di rumah ibadah ini dipantau langsung oleh Kapolres Jombang, AKBP Agung Setyo Nugroho bersama Forkopimda Jombang.

“Percepatan vaksinasi nasional ini sesuai dengan instruksi Presiden. Jadi hari ini kita laksanakan dengan sasaran tempat ibadah dengan 300 orang yang divaksin,” ucap Kapolres.

Dijelaskan Kapolres Jombang, pihaknya memastikan tidak ada warga yang terlewatkan menerima vaksinasi. Bagi warga yang tidak lolos screening hari ini, petugas akan melakukan vaksinasi susulan ke rumah warga.

“Beberapa yang tidak lolos screening kesehatan hari ini, kami dari tim Polres akan mendatangi secara door to door ke rumah warga,” terangnya.

Dikatakan, vaksin Covid-19 dosis pertama yang diberikan ke warga Jombang telah mencapai 70 persen. Ia memastikan akan terus melakukan percepatan vaksinasi demi mencapai target nasional untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Nanti akan kita kejar yang dosis kedua. Saat ini kita masih menunggu vaksin dari pusat, untuk mengejar target vaksinasi dosis kedua,” pungkas Kapolres.

Baca Juga :  Legislatif Jombang ajak Eksekutif Duduk Bahas Perpres Dana Pesantren

Sebelumnya, Capaian vaksinasi yang dilakukan Polres Jombang selama beberapa bulan kebalang mencapai 61 persen. Total sudah 23 ribu lebih masyarakat yang mendapatkan jatah vaksinasi.

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho mengatakan, serbuan vaksinasi yang dilaksanakan Polres Jombang telah mencapai 23.699 ribu vaksin untuk masyarakat Jombang atau kurang lebih 61 persen.

“Dengan tergelarnya kegiatan vaksin massal tersebut, diharapkan presentasi akan terus bertambah. Antusiasme masyarakat Jombang dalam giat vaksin cukup tinggi,” ucapnya pada Kamis (5/8/2021).

Sudah Sasar Beberapa Elemen

Selain menyasar rumah ibadah, aparat keamanan baju coklat ini juga telah melakukan hal serupa ke beberapa elemen masyarakat. Seperti puluhan orang berkebutuhan khusus di Kabupaten Jombang dapat jatah vaksinasi dosis pertama jenis Sinopharm.

Sekitar 50 orang penyandang disabilitas turut serta dalam vaksinasi kali ini. Ada pula 300 peserta umum lainnya, untuk vaksin dosis kedua yang bertempat di Satlantas Polres Jombang Jalan Brigjen Kretarto Jombang dan digelar oleh Polres Jombang, Selasa (10/8/2021).

Baca Juga :  Status Level 2, Bioskop Jombang Boleh Buka Kapasitas 50 Persen

Selain itu, ratusan santri dari pondok pesantren Bahrul ulum Tambakberas, Jombang, ikut serta vaksinasi Covid-19 sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan percepatan realisasi target vaksinasi menuju herd immunity (kekebalan kelompok) di wilayah setempat, Kamis (2/9/2021).

Pelaksanaan vaksinasi itu disiapkan sebanyak 500 dosis vaksin jenis Sinovac tahap pertama yang diperuntukan bagi santriwan maupun santriwati. Para santri yang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 berusia 12 tahun ke atas.

Tak hanya itu, sebanyak 182 kampung tangguh semeru (KTS) di Kabupaten Jombang diberikan perlengkapan sarana dan prasarana oleh Polres Jombang, sebagai upaya membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19.

Adapun sarana prasarana (Sarpras) penunjang KTS tersebut berupa hand sanitizer, cairan disinfektan, alat semprotan, baju hazmat, thermogun, masker, sepatu boat, tempat cuci tangan dan banner KTS.

 

Pewarta : Anggit Puji
Editor : Adinda

Kanal Terkait