Sebarkan 141 Ribu Benih Ikan ke Gapoktan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sebarkan 141 Ribu Benih Ikan ke Gapoktan
Kanal Highlight Kanal Straight

Sebarkan 141 Ribu Benih Ikan ke Gapoktan

SATUKANAL.com, BATU– Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu akan menyalurkan 141 ribu bantuan bibit ikan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di 24 desa/kelurahan. Kepala DPKP Kota Batu, Mat Ali mengatakan kurang lebih 70 ribu ikan nila, 61 ribu lele dan 10 ribu ikan koi rencananya menjadi kuota yang disebarkan. Saat ini pihaknya masih melakukan pengadaan dan menunggu Surat Keputusan (SK) dari Walikota.

“Penyaluran itu sesuai arahan dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbag) tahun lalu. Nanti akan diberikan melalui kelompok bukan perorangan. Penerima harus memiliki lahan kolam dan sebagainya, karena itu diverifikasi dulu,” jelasnya hari ini (21/4).

Baca Juga :  Duh, Pengrajin Tempe di Batu Terseok-seok Diterpa Badai Harga Kedelai

Untuk jumlah penerima berbeda-beda tergantung potensinya. Rata-rata tiap desa/kelurahan ada satu kelompok yang menerima. Namun, ada juga desa/kelurahan yang mendapat jatah dua kelompok. Seperti Beji, Sidomulyo, dan Tlekung.

“Tak hanya bibit saja, beberapa juga mendapatkan bantuan lain. Seperti Sidomulyo yang mendapat bibit dan sarana prasarana seperti alat seser, keranjang panen, dan sebagainya,” ungkapnya. Harapannya, bibit tersebut bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan pendapatan kelompok atau masyarakat setempat.

Meski Kota Batu dinilai kurang maksimal dalam pembesaran lantaran suhu yang dingin. Air yang ada memang melimpah, namun berasal dari sumber mata air. Sehingga kandungan makanan di dalamnya masih kurang.

Baca Juga :  Pemkot Batu Berikan Bantuan Beras 1.977 KK

“Beda dengan tempat yang memiliki suhu hangat seperti Kediri. Contohnya peternak ikan lele bakal cepat besar dan mampu panen hanya dalam kurun waktu 3 bulan saja. Sedangkan di Batu bisa sampai 5 bulan baru panen,” ujarnya. Dengan adanya bantuan itu, ia berharap bisa meningkatkan produksi ikan. Serta, mengangkat jumlah konsumi ikan di Kota Batu.

 

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor: Redaksi Satukaanal

Kanal Terkait