Sebanyak 40.600 Vaksin Tahap Dua Mulai Disalurkan di Kabupaten Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sebanyak 40.600 Vaksin Tahap Dua Mulai Disalurkan di Kabupaten Malang
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Sebanyak 40.600 Vaksin Tahap Dua Mulai Disalurkan di Kabupaten Malang

SATUKANAL.com, MALANG– Vaksin tahap dua telah tiba di Kabupaten Malang. Sebanyak 40.600 vaksin akan diberikan kepada mereka yang berada di sektor publik seperti ASN, TNI, Polri serta petugas pelayanan lainnya.

Dr Ir Wahyu Hidayat MM selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Malang menghimbau agar pihak yang termasuk dalam kategori penerima vaksin mau bekerjasama mendukung program pemerintah ini. Lebih lanjut, bagi mereka yang terdaftar sebagai penerima vaksin akan mendapatkan pemberitahuan tempat dan waktu pelaksanaan vaksin tersebut.

“Harapan kami (Pemkab), mereka semua dapat berpartisipasi dan tidak perlu takut melaksanakan program ini. Karena vaksin yang diberikan ini sudah halal serta keamanannya juga sudah terjamin oleh BPOM,” ungkap Wahyu.

Hal senada juga disampaikan oleh drg Arbani Mukti  Wibowo selaku Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang. Arbani menyebut jika pihaknya sudah mulai melakukan penyaluran vaksin sejak Kamis (25/02/2021) kepada  penerima golongan II. “Vaksin tahap II yang dikirim oleh Pemprov Jatim ini sudah mulai diambil pihak faskes,” ujarnya.

Baca Juga :  Kemenag Hanya Perbolehkan Tarawih Berjamaah di Daerah Zona Aman. Simak Aturannya!

Diungkapkan oleh Arbani, dibutuhkan sebanyak 138.838 vial vaksin  untuk seluruh prioritas penerima vaksin tahap ini. Mengingat, ada 67.419 orang yang termasuk dalam penerima prioritas kedua di Kabupaten Malang.

Sementara itu, ada tanggungan yang juga harus diselesaikan oleh pihaknya terkait vaksinasi tenaga kesehatan yang masih belum selesai. “Vaksinasi untuk tenaga kesehatan yang belum sekitar 3000 orang juga masih  kita lajutkan,” terangnya.

Arbani juga mengatakan, dari 40600 vial vaksin yang baru datang tersebut maka masih harus dikurangi untuk tenaga kesehatan sebanyak 6000 vial. “Jadi, saat ini hanya bisa melakukan vaksinasi kurang dari sepertiga dari penerima prioritas kedua dari jumlah vaksin yang datang,” lanjutnya.

Arbani menambahkan, prioritas penerima di tahap kedua yakni TNI dan Polri yang beberapa diantaranya telah mendapatkan suntikan antibodi Covid-19 pada Senin (01/03/2021). “Dari data sementara yang diperoleh, anggota TNI yang akan menerima vaksin kurang lebih 1300 orang sedangkan Polri juga 1300 orang,” terangnya sekali lagi.

Baca Juga :  Aturan Jam Kerja ASN Selama Ramadhan Minimal 32,5 Jam Seminggu

Adapun target penyuntikan di tahap kedua yakni para guru di Kabupaten Malang. Namun, jumlah pastinya belum diketahui. “Yang menjadi prioritas pertama itu adalah empat golongan meliputi nakes, TNI, Polri serta guru. Kemudian, baru lain-lainnya seperti wartawan juga akan menyusul,” kata Arbani.

Sedangkan untuk prioritas kedua vaksinasi,  akan dilanjutkan oleh pihaknya setelah data yang ada telah masuk. Meski demikian, ia merencanakan vaksinasi golongan kedua tersebut dapat selesai bulan maret ini. “Itu rencananya, namun hal itu juga bergantung dari ketersediaan vaksin di Kabupaten Malang,” pungkasnya.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait