Sebanyak 27.303 Tersedia Untuk Formasi PPPK Guru Agama - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sebanyak 27.303 Tersedia Untuk Formasi PPPK Guru Agama
BERITA HIGHLIGHT

Sebanyak 27.303 Tersedia Untuk Formasi PPPK Guru Agama

SATUKANAL.com, NASIONAL– Dalam rangka mengisi kebutuhan guru agama, Kemenag telah mengusulkan 27.303 formasi PPPK guru agama di sekolah negeri. Formasi ini tersebar pada sekolah negeri yang ada di 393 pemerintah daerah.

Alokasi Formasi

Jumlah tersebut terbagi menjadi formasi guru agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha dengan alokasi sebagai berikut:

  1. Guru agama Islam sebanyak 22.927

2. Guru agama Kristen sebanyak 2.727

3. Guru agama Katolik sebanyak 1.207

4. Guru agama Hindu sebanyak 403

5. Guru agama Buddha sebanyak 39

Dilansir dari Kemenag.go.id, posisi tersebut juga dapat diisi eks-tenaga honorer K-II yang tak  dapat mengikuti seleksi PPPK pada 2019 lalu. Kemudian untuk pembukaan pendaftran PPPK Guru Kemenag rencananya dimulai Mei-Juli 2021. Dilanjutkan dengan pelaksanaan seleki secara bertahap mulai Agustus 2021 hingga Desember 2021.

Baca Juga :  Terbesar di Indonesia, PSEL TPA Benowo Jadi Pilot Project

Persyaratan Seleksi

Bagi peserta yang hendak mengikuti seleksi PPPK Guru Kemenag harus memenuhi beberapa syarat yang sesuai, agar dapat mendaftar dan mengikuti seleksi. Dilansir dari Indonesia.go.id, berikut uraiannya:

  1. Guru honorer di sekolah negeri dan swasta termasuk guru eks THK-II yang belum pernah lulus selekssi menjadi PNS atau PPPK di tahun sebelumnya.

2. Terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

3. Lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

Disebutkan pula bahwa setiap pendaftar diberikan kesempatan mengikuti ujian seleksi sampai tiga kali. Apabila gagal di kesempatan pertama, dapat belajar dan mengulang ujian hingga dua kali di tahun yang sama atau berikutnya.

Penjadwalan Dan Proses Seleksi

Pendaftaran untuk guru PPPK direncanakan berlangsung pada Mei-Juni mendatang. Sedangkan pelaksanaan seleksi dijadwalkann pada Agustus 2021. Untuk saat ini, Tim Kemenag tengah menysun dan modul tes seleksi PPPK.

Baca Juga :  Makin Ketat! Satgas Covid-19 Kembali Terbitkan Syarat Berpergian Pada 22 April-24 Mei 2021

Adapun, pendaftarannya dilakukan melalui SCCASN-PPPK  yang dapat diakses melalui https://sscasn.bkn/go.id.  Sementara itu proses seleksi PPPK guru agama 2021 meliputi:

  1. Penetapan kebutuhan passing grade

2. Pendaftaran

3. Seleksi ujian nasional berbasis komputer (UNBK)

4. Pengelolaan nilai

5. Penetapan NIP PPPK

Sementara itu, pada tahun 2021 ini formasi PPPK untuk guru madrasah disediakan sebanyak 9.495  yang tersebar di 30 provinsi di Indonesia. Adapun empat provinsi yang tidak mendapatkan kuota PPPK guru madrasah 2021 antara lain Kalimantan Utara, Gorontalo, Papua dan Papua Barat.

 

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait