Sebagai Wujud Apresiasi, Pemkot Malang Siapkan Reward Bagi Para Vaksinator Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sebagai Wujud Apresiasi Pemkot Malang Siapkan Reward Bagi Para Vaksinator Covid-19
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Sebagai Wujud Apresiasi, Pemkot Malang Siapkan Reward Bagi Para Vaksinator Covid-19

Satukanal.com, Malang – Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum juga berakhir. Petugas kesehatan khususnya Vaksinator masih terus berupaya menangani tingkat penyebaran Covid-19. Mengingat beban kerja beserta resiko yang berat, Pemerintah Kota Malang tengah mengusulkan adanya penghargaan atau reward untuk diberikan kepada para vaksinator.

Kabar tersebut disampaikan secara langsung oleh Wali Kota Malang, Sutiaji saat menghadiri Sosialisasi dan Advokasi Imunisasi Baru di Hotel Atria. “Saya berpikir bagaimana nanti supaya teman-teman vaksinator mendapatkan reward, karena tugasnya kan luar biasa mulai dari verifikator,” Ujarnya.

Setidaknya, ada kurang lebih 200 vaksinator yang telah masuk pendataan Fasyankes (Fasilitas Pelayanan Kesehatan) di Kota Malang. Nantinya, akan dipetakan apakah akan diberikan perorangan, atau terhitung dalam sehari melakukan vaksin ke berapa penerima.

Penyampaian Sutiaji tersebut rupanya bukan sekedar janji, namun upaya untuk memberikan apresiasi yang dapat berupa insentif. “Doakan saya akan berkoordinasi dengan pak Sekretaris Daerah Kota Malang berkaitan dengan reward. Tapi sekarang saya harap panjenengan (vaksinator) jangan orientasimya ke reward tapi kemanusiaan,” Ujarnya.

Baca Juga :  Tenggang Rasa Karyawan BNS Hadapi Pandemi

Sutiaji menyampaikan bahwa, menjadi vaksinator bukan perkara mudah. “Mereka (vaksinator) harus menvaksin 2 juta manusia dan dua kali vaksin. Menjadi vaksinator itu resikonya tinggi, nanti juga harus ada literasi kepada masyarakat terkait akibat dan resiko vaksin yang tidak banyak dipahami masyarakat,” Ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap dua termin pertama akan dimulai hari ini, Rabu (24/02/2021). Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Sri Winarni.

Terkait sejumlah dosis vaksin yang baru saja diterima dari provinsi Jawa Timur, akan diprioritaskan untuk petugas pelayanan publik. “Seperti, Guru, TNI/Polri, Anggota DPRD, tokoh agama, ASN, pegawai BUMN/BUMD, pedagang pasar, petugas pariwisata, Organda, taksi, ojek online, dan jurnalis,” Ujarnya.

Baca Juga :  Dampak Gempa, Sederet Rumah Ambrol di Blitar, Lumajang dan Malang

Pada vaksinasi tahap kedua, Pemkot Malang mendapat 40.600 vial atau botol vaksin sinovac dari Bio Farma. Sri Winarni mengungkapkan, saat ini, sudah banyak yang sudah terdata oleh Dinkes Kota Malang. Dua hari lalu, sekitar 18 ribu data sudah banyak yang masuk. Namun, pendataan akan terus di proses karenan pada prinsipnya semua harus terdata.

Sebagai informasi, Wali Kota Sutiaji turut mengimbau kepada seluruh vaksinator hingga petugas tingkat kelurahan di setiap Kecamatan khususnya di Kota Malang, untuk selalu memberikan eduaksi pada masyarakat terkait efektivitas dan resiko vaksinasi Covid-19 ini.

Hal tersebut patut dilakukan guna memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat terkait dengan proses vaksinasi. Pemberian edukasi tersebut juga dilakukan guna menangkal pemberitaan tidak benar atau hoax di lingkup masyarakat prihal vaksin Covid-19.

 

 

 

 

Pewarta : Viska 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait