Satu-satunya Calon Perseorangan, Rahmat Mahmudi Ikuti Bimtek Silon | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
KPU Kabupaten Kediri
Bimtek aplikasi pencalonan bupati Kediri. (Foto: Isna)
BERITA ISU PILIHAN

Satu-satunya Calon Perseorangan, Rahmat Mahmudi Ikuti Bimtek Silon

SATUKANAL, KEDIRI – Hingga Januari 2020, bakal calon bupati Kediri yang mendaftar lewat jalur perseorangan baru satu orang. Yakni Rahmat Mahmudi, Ketua Gerakan Rakyat-Menuju Kediri Lebih Baik (GR-MKLB).

Rahmat Mahmudi mengikuti bimbingan teknis (bimtek) aplikasi pencalonan (silon) bersama tim IT, Jumat (3/1/2020). Aplikasi ini diuraikan secara langsung oleh tim teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri.

Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi menyebut bimbingan teknis silon diberikan pada calon bupati perseorangan yang sudah meminta akun atau username silon pada KPU. Menurut peraturan, KPU wajib memberikan bimtek manakala calon sudah memiliki akun silon yang diminta dari KPU.

Baca Juga :  Tim Advokasi Paslon 01 YURIZ Menarik Diri, Enggan Bertanggung Jawab Dalam Hal Apapun Pasca Pilkada Banyuwangi

“Salah satunya agar tim calon perseorangan lebih intens memasifkan aplikasi data pendukung untuk entri data. Apalagi, waktunya tidak lama lagi,” ujar Ninik.

Sebagai informasi, syarat dukungan minimal untuk calon bupati perseorangan Kabupaten Kediri sebanyak 79.715 orang. Sejauh ini, Rahmat mengaku sudah menyiapkan 80 ribu dukungan. Data pendukung ini harus dikumpulkan pada 19 hingga 23 Februari mendatang.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Kediri Anwar Anshori meyakinkan jika ternyata data faktual ada kekurangan, KPU memberikan kesempatan untuk memperbaiki. “Ada kesempatan perbaikan satu kali,” ucapnya.

Baca Juga :  Tim Advokasi Paslon 01 YURIZ Menarik Diri, Enggan Bertanggung Jawab Dalam Hal Apapun Pasca Pilkada Banyuwangi

Seperti diberitakan sebelumnya, dukungan yang diunggah di Silon akan mampu mendeteksi dua hal, yakni keabsahan dukungan sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan data ganda pendukung.

Selain itu, calon juga menyerahkan form dukungan yang menyertakan fotokopi identitas pendukung. Calon juga menyertakan surat pernyataan calon yang memuat daftar nama-nama pendukung yang sudah diunggah ke Silon. Data tersebut selanjutnya akan diverifikasi di lapangan oleh KPU.

Pewarta: Isnatul Chasanah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait