SATUKANAL.COM
BERITA

Satu Pelajar SMK di Kota Batu Ikuti Ujian di Rumah Sakit, Tak Pakai Komputer Tapi Pakai Pensil

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Batu diikuti sejumlah 1.606 pelajar dari 13 SMK negeri dan swasta. Hanya saja ada satu pelajar yang terpaksa mengikuti ujian di rumah sakit di Kota Batu. 

Satu pelajar itu Egista Anggun Oktaviani dari SMK Islam Kota Batu yang mengidap penyakit paru-paru di rumah sakit Baptis Kota Batu. Bila peserta yang lain mengikuti ujian dengan sistem berbasis komputer, ia terpaksa harus mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

“Satu pelajar ini memang mengajukan UNKP dan memang disetujui. Sehingga kita fasilitas sesuai dengan ketentuan UNKP,” ujar Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Batu Joko Santoso.

Ia menambahkan pemilihan UNKP itu karena memang Standart Operational Prosedur (SOP)  rumah sakit berbeda-beda. Sehingga memilih UNKP dan mendapatkan persetujuan. 

Baca Juga :  Kerjasama WCC Dian Mutiara dan Kelurahan Gadingkasri dalam Penyuluhan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Sedangkan rincian dari 1.606 pelajar itu yakni SMKN 1 Batu ada 327 pelajar, SMKN 2 Batu ada 160 pelajar, SMKN 3 Batu ada 274 pelajar, SMK Ma’arif Batu 141 pelajar, SMK 17 Agustus Batu ada 40 pelajar.

Lalu di SMK Islam Batu ada 300 pelajar, SMK Edith Batu ada 14 pelajar, SMK Putikecwara Batu ada 104 pelajar, SMK Brawijaya Batu ada 67 pelajar, SMK Muhammadiyah 1 Batu ada 88 pelajar.

Dan di SMK Wiyata Husada Batu ada 56 pelajar, SMK Bhineka Tunggal Ika Indonesia ada 8 pelajar, dan SMK Kesehatan Amanah Husada Batu ada 27 pelajar.

Baca Juga :  WCC Dian Mutiara Lakukan Penyuluhan Penanganan Permasalahan Kekerasan Perempuan dan Anak

Hanya saja satu sekolah terpaksa menumpang yakni SMK Bhineka Tunggal Ika Indonesia ada 8 pelajar, yang menumpang di SMKN 1 Batu karena keterbatasan fasilitas. “Sehingga penyelenggara sekolah ini ada 12 sekolah se Kota Batu,” imbuhnya, Selasa (26/3/2019).

Ia menjelaskan ke 12 sekolah itu memiliki tiga sesi ujian yang sama yakni sesi pertama pukul 07.30-09.30. Sesi ke dua pukul 10.30-12.30 dan sesi ke tiga pukul 14.00-16.00.

UNBK yang berlangsung selama empat hari ini dimulai pada hari Senin dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Selasa mata pelajaran Matematika, Rabu mata pelajaran Bahasa Inggris dan hari Kamis mata pelajaran Teori Kejuaran.

Kanal Terkait