Satu Calon Independen Pilbup Kediri Daftar Akun Silon ke KPU | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
P_20191223_110908-940x640
HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Satu Calon Independen Pilbup Kediri Daftar Akun Silon ke KPU

SATUKANAL, KEDIRI – Pemilihan Umum Bupati (Pilbup) Kediri 2020 mulai memasuki masa-masa krusial. Beberapa nama mulai muncul di masyarakat. Terbaru, satu orang calon dari jalur perseorangan atau independen telah mendaftar dan meminta akun Sistem Informasi Pencalonan (Silon) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Data dan informasi, Eka Wisnu Wardhana mengatakan, satu-satunya orang yang telah membuka akun akun Silon tersebut yakni Rahmad Mahmudi.

“Beliau sudah menugaskan salah seorang staf untuk membuka akun Silon yang akan digunakan untuk menginput data dukungan dari calon perseorangan,” kata Wisnu pada Satukanal.com.

Menurut Wisnu, Silon merupakan syarat mutlak untuk para calon perseorangan ikut dalam kontestasi Pemilihan Bupati tahun 2020 mendatang.

“Nanti bakal calon yang dari jalur perseorangan harus mengisi sebanyak 79 ribu sekian dukungan sebagai syaraf wajib maju dari jalur perseorangan,” katanya.

Selain Silon, bakal calon dari jalur perseorangan juga diwajibkan mengisi data manual dengan cara ditulis tangan. Untuk bakal calon perseorangan, diberi waktu hingga tanggal 20 Februari untuk mencari dukungan dengan jumlah yang ditetapkan.

“Setelah waktu nya selesai KPU menerima berkas tersebut untuk melakukan verifikasi kuantitas dukungan berdasarkan jumlah dan sebaran. Setelah itu selesai dan memenuhi syarat, lalu kita akan buatkan berita acara dan kita lakukan verifikasi faktual. Baru sah menjadi calon dari jalur perseorangan,” jelasnya.

Wisnu menambahkan, hingga saat ini belum ada orang lain yang meminta akun Silon. Namun, ia menyebut beberapa orang telah menanyakan cara dan persyaratan yang diberikan KPU. “Memang ada beberapa orang yang sampai saat ini masih konsultasi, belum sampai meminta akun Silon,” pungkasnya.

Pewarta: M Ubaidhillah
Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait