SATUKANAL.COM
Satu Buaya di Brantas Ditangkap, 3 Ekor Masih Berkeliaran
Foto : Buaya ditangkap di sungai Brantas
BERITA STRAIGHT NEWS

Satu Buaya di Brantas Ditangkap, 3 Ekor Masih Berkeliaran

SATUKANAL, KEDIRI – Buaya muara yang sempat menghebohkan warga Kota Kediri akhirnya ditangkap oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur, bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri, Sabtu (15/2/2020).

Buaya dengan ukuran panjang kurang lebih 1 meter dengan bobot 4 kilogram itu berhasil ditangkap dengan kondisi hidup tanpa cacat sedikitpun.

Adi Sutrisno, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kediri saat dihubungi Satukanal.com mengatakan, buaya yang ditangkap tersebut berjenis biaya muara.

“Ya pada pagi tadi sekira pukul 09.30 Wib, kami berhasil menangkap satu buaya yang sebelumnya memang menampakkan diri di aliran Sungai Brantas tepatnya di belakang Mall Ramayana, Kelurahan Ringinanom, Kota Kediri,” kata Adi.

Adi juga mengatakan, jika buaya yang berhasil tertangkap tersebut akan langsung diserahterimakan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Langsung kita serahterimakan kepada BKSDA nantinya,” ujar Adi.

Ia melanjutkan, selain buaya yang tertangkap, masih ada buaya yang berkeliaran di sekitar lokasi. Namun hingga saat ini belum bisa ditemukan.

“Iya masih ada tiga ekor lagi tadi. Saat melakukan penangkapan satu ekor buaya yang masuk perangkap jebakan yang kita buat sebelumnya. Nah, dari situ kami melihat ada tiga ekor buaya yang ada di sana, dan kami masih berupaya untuk melakukan penangkapan lagi,” terangnya.

Adi pun mengimbau pada masyarakat untuk lebih waspada ketika berada di tepi Sungai Brantas, di sekitar Kota Kediri, karena buaya tersebut bisa berada di mana saja.

“Sembari memantau perkembangan, kami juga mengimbau kepada warga agar lebih hati-hati apabila memasuki wilayah rawan ini,” imbuhnya.

Disinggung soal adanya keberadaan buaya di Sungai Brantas, Adi mengaku masih belum bisa memberikan jawabannya secara pasti.

“Ada beberapa kemungkinan soal buaya ini, apakah memang dari hasil lepasan yang sengaja dibuang di sepanjang aliran Sungai Brantas ini atau justru migrasi dari tempat lain,” pungkasnya.

Pewarta: Muchlis Ubaidhillah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait