Satpol PP Kota Malang Tindak Penjual Jasa Penukaran Uang, Ini Himbauannya | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pagi tadi penertiban jasa penukaran uang oleh Satpol PP Kota Malang (GUM)
BERITA

Satpol PP Kota Malang Tindak Penjual Jasa Penukaran Uang, Ini Himbauannya

Satuchannel.com, Kota Malang – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang menindak tegas para penjual jasa penukaran uang yang kerap bertransaksi di sekitar Alun-alun Merdeka Kota Malang. Pihak Satpol PP menilai para penjual ini mengganggu arus lalu lintas. Beberapa titik yang ditertibkan adalah di Jalan Merdeka Utara, Merdeka Timur, dan Jalan Kertanegara.

Kasi Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Satpol PP Kota Malang, Heri Sudarto mengungkapkan bahwa penegakan ini merujuk Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2012 tentang ketertiban umum.

Baca Juga :  Tim Satgas Reklame Terapkan Cara Style humble Dan Egaliter, Atasi Pemilik Reklame Guna Sadar Pajak

Dijelaskan Heri, transaksi penukaran uang di jalan mengakibatkan terganggungnya aktivitas di arus jalan. Hal ini pun patut ditindak pihak Satpol PP karena sesuai Perda Nomer 1 Tahun 2012.

Peringatkan jasa penukaran uang (GUM)

“Mereka ini telah menganggu ketertiban lalu lintas dan kenyamanan masyarakat. Sehingga kita tertibkan,” terang Heri saat dimintai keterangan.

Dalam penertiban ini, pihak Heri mendapati sekitar 8 pedagang yang melanggar. Namun mereka hanya diminta untuk mengemasi uang yang mereka jajakan dan tidak lagi berjualan.

Baca Juga :  Satukanal.com Gelar Webinar Guna Persiapan Pilkada Desember 2020 Mendatang

“Kita minta mereka untuk berhenti berjualan. Jadi, sanksi hari ini tidak ada karena kita hanya menertibkan dan menghimbau saja,” ungkapnya.

Selain mengganggu ketertiban, Heri pun menilai keberadaan para penjual dan penukaran jasa ini bisa merugikan masyarakat. Sebab, keaslian dari uang mereka belum bisa terjamin.

“Tapi terkait keaslian itu bukan ranah kita. Satpol PP hanya menindak pelarangannya saja. Selebihnya, soal asli atau tidak itu urusan Polisi dan Bank Indonesia,” tambahnya. (GUM)

Kanal Terkait