Sapi Presiden Jokowi Mengandung Cacing Hati, Tapi Layak Dikonsumsi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Sapi Presiden Jokowi Mengandung Cacing Hati, Tapi Layak Dikonsumsi

Satuchannel.com – Warga Bantul, Yogyakarta, menemukan adanya cacing hati di sapi kurban Presiden Joko Widodo yang disembelih di Dusun Bodowaloh, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul.

Meski demikian Pemerintah Provinsi Yogyakarta, melalui Sekda DIY, Gatot Saptadi memastikan daging sapi tersebut tetap layak dikonsumsi.

“Meskipun dalam pemeriksaan Post mortem ditemukan cacing hati, dagingnya tidak membahayakan untuk dikonsumsi,” kata Sekda DIY, Gatot Saptadi sebagaimana dikutip dari detik, Minggu (3/9).

Baca Juga :  Jelang Idul Adha, Pedagang Kambing Masih Sepi Pembeli

Pemprov DIY melakukan pemeriksaan terhadap sapi kurban Jokowi, yang dilakukan oleh petugas pusat kesehatan hewan (Puskeswan) Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, maupun dari Puskeswan Pundong, Kabupaten Bantul.

Penemuan cacing di dalam hati sapi tersebut awalnya diketahui oleh petugas kesehatan dari Puskeswan Pundong. Petugas kesehatan kemudian merekomendasikan agar hati sapi yang mengandung cacing hati dikuburkan.

Pada proses penyembelihannya, sapi dengan berat 900 kg tersebut juga diawasi oleh petugas kesehatan hewan. Pemeriksaan dilakukan seperti pemeriksaan ante mortem (sebelum disembelih) dan post mortem (setelah disembelih). Hal ini untuk menjamin keamanan daging kurban.

Baca Juga :  Jelang Idul Adha, Pedagang Kambing Masih Sepi Pembeli

“Dan hewan tersebut dinyatakan memenuhi syarat sebagai hewan kurban. Hanya atas rekomendasi petugas kesehatan, hati sapi dikubur karena mengandung cacing. Sementara dagingnya dinyatakan aman dikonsumsi,” kata Gatot.

Sementara sapi kurban Presiden ini sendiri disembelih, dan didistribusikan ke 6 dusun, 3 désa di wilayah Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul.

Kanal Terkait