Santri Tebuireng Luar Daerah Diperbolehkan Kembali ke Pondok - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Santri Tebuireng di Luar Daerah Diperbolehkan Kembali ke Pondok
Situasi sepi di Pondok Pesantren Tebuireng (Foto: Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Santri Tebuireng Luar Daerah Diperbolehkan Kembali ke Pondok

Satukanal.com, Jombang – Setelah sebelumnya para santri belum diizinkan kembali ke asrama karena kebijakan PPKM, kini para siswa Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang luar daerah bisa kembali dengan beberapa syarat.

Ketua Tim Satgas Covid-19 Pesantren Tangguh Tebuireng, Lukman Hakim menyebut pihaknya telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada wali santri tentang syarat dan jadwal kedatangan santri dengan Nomor Surat: 61/GT-TBI/VIII/2021.

Sebelumnya, pihak pondok juga telah mengeluarkan surat edaran penundaan kembali santri akibat PPKM Darurat dan PPKM Level 4 pada bulan Juli 2021 hingga saat ini. Namun, dengan adanya surat edaran terbaru, para santri yang masih dirumah, dapat kembali ke pondok.

Namun, bagi santri yang akan kembali ke pondok, ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan, sebelum menginjakkan kaki kembali untuk mondok.

Baca Juga :  Kampung Majapahit Mojokerto Jadi 50 Wisata Desa Terbaik se-Nusantara

“Santri wajib isolasi mandiri di rumah selama minimal 3 hari sebelum berangkat ke Ponpes. Santri juga wajib membawa hasil swab antigen atau PCR negatif yang berlaku 24 jam,” ucapnya pada Jumat (13/8/2021).

Selanjutnya, sesampainya di Ponpes, para santri akan dilakukan screning kesehatan oleh tim satgas Pesantren Tangguh Tebuireng. Sebagai bekal dan antisipasi, santri wajib memakai dan membawa masker kain minimal 7, madu dan vitamin C.

“Bagi yang belum vaksin di rumah, santri bisa melakukan vaksin di Pondok Pesantren,” ungkapnya.

Saat ini pihak Ponpes Tebuireng telah menjadwalkan santri kembali ke pesantren pada tanggal 18 – 28 Agustus 2021 sembari menunggu pengumuman dicabutnya PPKM Jawa-Bali oleh Pemerintah RI.

Terakhir pihaknya tak henti-henti mengingatkan selama proses kedatangan santri semua elemen yang terlibat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Dugaan Pelecehan Seksual di IAIN Kediri, Ditengarai Lebih dari Satu Kasus

Sebagai informasi, Ponpes Tebuireng sebelumnya menunda jadwal kembalinya santri ke pesantren. Keputusan tersebut diambil oleh pihak pesantren sebagai langkah antisipasi terjadinya penyebaran Covid-19 dilingkungan Ponpes Tebuireng sehingga tidak terjadi klaster pesantren.

Keputusan menunda kedatangan santri ke Ponpes sudah disampikan kepada wali santri dengan melayangkan surat pemberitahuan dengan Nomor : 023/BPP-PTBI/VII/2021.

Keputusan tersebut diambil, setelah melihat kondisi Covid-19 di Indonesia beberapa hari terakhir ini, yang semakin mengkhawatirkan, atas berbagai pertimbangan dan musyawarah pesantren tebuireng memutuskan menunda kedatangan santri.

Sejatinya, jadwal santri kembali ke Ponpes Tebuireng sudah di rencankan pada tanggal 3-11 Juli 2021. Namun, karena adanya kebijakan PPKM Darurat, Kembalinya ponpes terpaksa diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan.

 

 

Pewarta: Anggit Puji
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait