Santri Kediri Siap Hadapi Era 4.0 | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Santri Kediri Siap Hadapi Era 4.0
BERITA KABUPATEN KEDIRI STRAIGHT NEWS

Santri Kediri Siap Hadapi Era 4.0

SATUKANAL.com, KEDIRI – Di Hari Santri 22 Oktober 2020, para santri di Kabupaten Kediri siap menghadapi tantangan di era teknologi 4.0, baik dilingkungan pondok maupun usai lulus dari pesantren.

Hal itu diungkapkan oleh Rais Suriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kediri, KH Najib Zamzami saat ditemui Satukanal.com setelah menghadiri acara peringatan Hari Santri Nasional 2020 di Gedung Serba Guna PCNU Kabupaten Kediri yang ada di Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kamis (22/10/2020).

Beberapa yang telah dikatakan, ialah penerapan pembelajaran media daring dalam pondok pesantren. “Apalagi dimasa pandemi ini, banyak yang ngaji secara daring,” ucap KH Zamzami.

Baca Juga :  Aksi Copet Bus 288 Kali, Berhasil di Ringkus Satreskrim Polresta Kediri

Ia mengatakan, pondok pesantren selalu mengikuti perkembangan zaman. Termasuk berbagai teknologi yang sedang berkembang pesat, seperti internet dan berbagai aplikasi handphone.

Menurutnya, seperti pemakaian aplikasi WhatsApp di dalam pondok pesantren juga sudah diterapkan. Disebutkan dalam penerapan aplikasi tersebut sudah diatur oleh para pengurus pondok pesantren. Jadi tidak akan mengganggu jam belajar-mengajar dan tradisi pondok pesantren. “Kita atur dipengurus masing-masing pesantren. Kita pantau, dan ada waktu-waktu tertentu,” jelasnya.

Namun dalam penerapan berbagai teknologi tersebut, ia akan tetap menjaga tradisi dan budaya yang telah diwariskan oleh ulama terdahulu. Hingga saat ini, masih belum mengalami kendala dalam penerapan teknologi informasi tersebut.

Baca Juga :  Berstatus Zona Merah, Pertanda Bahaya Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kediri

Pengajaran tidak akan beralih, melestarikan budaya lama dan tidak boleh ketinggalan budaya baru. “Dulu kan enggak ada komputer masuk pesantren. Sekarang enggak ada yang tidak pakai elektronik,” tutup KH Zamzami.

Ia melanjutkan, para santri akan terus ikut andil dalam perkembangan bangsa dan negara. “Tak perlu dikhawatirkan para santri. Insyallah tetap konsisten dalam nomor satu NKRI,” tutupnya.

 

Pewarta : Anis Firmansyah 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait