Sambut HUT ke-107 Tahun Kota Malang, Perayaan Tetap Digelar Ditengah Pandemi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sambut HUT ke-107 Tahun Kota Malang, Perayaan Tetap Digelar Ditengah Pandemi
Kanal Straight

Sambut HUT ke-107 Tahun Kota Malang, Perayaan Tetap Digelar Ditengah Pandemi

Satukanal.com, Malang – Pada 1 April 2021 mendatang, Kota Malang akan memperingati hari ulang tahunnya yang ke-107. HUT Kota Malang kali ini juga mengusung tema “Peduli dan Berbagi”. Pengangkatan tema peduli dan berbagi dipilih karena, saat ini Kota Malang masih dalam masa pandemi Covid-19.

Kadiskominfo dan Plt Kabag Humas Pemerintah Kota Malang, M. Nur Widianto menjelaskan, Melalui tema peduli dan berbagi ini bertujuan, mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dalam menghadapi pandemi agar dapat bangkit bersama.

Dalam tema tersebut, pihaknya juga ingin mengajak masyarakat. Agar lebih peduli terhadap penerapan protokol kesehatan, yakni 6M. Meliputi memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan serta menjaga imun tubuh.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan semua aspek untuk saling berbagi,” ujarnya.

Pemerintah Kota Malang juga membuat logo unik untuk memeriahkan HUT Kota Malang. Yakni dengan tokoh Osi dan Ji, juga terdapat simbol angka 107.

Baca Juga :  Mahasiswa FK UMM Ciptakan Sarung Tangan Cegah Syaraf Terjepit

Sementara itu, menurut pemaparan Wali Kota Malang Sutiaji pada akun instagram pribadinya, angka nol digambarkan dengan dua tangan yang saling mengatup. Ternyata, desain tersebut penuh dengan nilai filosofis.

“Angka nol dibuat menyerupai tangan yang saling merangkul, melambangkan kepedulian dan saling berbagi kasih sayang di momen pandemi. Di situasi pandemi ini, teramat perlu perbanyak empati,” ujar Sutiaji.

Logo tersebut penuh dengan paduan berbagai warna untuk memberi kesan ceria dan meriah. Sutiaji menambahkan, desain logo tersebut juga terdapat tulisan Kota Malang yang dihiasi dengan dedaunan. Ini menunjukkan bahwa Kota Malang adalah kota bunga yang indah.

“Sebagai pelengkap, angka satu dan tujuh dibuat seperti melindungi angka tujuh. Mengartikan Kota Malang sebagai kota yang ramah dan hangat dengan tipikal masyarakat yang suka berbagi dan peduli terhadap sesama,” ungkapnya.

Selain itu, Pemkot Malang juga tetap akan mempersiapkan serangkaian kegiatan untuk menyambut HUT ke-107. Namun, perayaan kali ini tentunya akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Hari Pertama, Kadisdik Langsung Tinjau PTM di 2 Sekolah

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Malang, Nur Widianto, menjelaskan, perayaan HUT nanti dilakukan dengan tetap menerapkan ketentuan protokol kesehatan secara ketat. Hal itu, disebabkan karena Kota Malang masih berada di masa Pandemi Covid-19.

Beberapa agenda pada perayaan HUT 107 Kota Malang salah satunya yakni, menggelar upacara peringatan HUT, pelaksanaan vaksinasi lansia secara drive thru tepat pada 1 April 2021, dan ruatan negeri.

“Nantinya untuk pasukan upacara akan kita rasionalisasi ya. Lalu untuk teman-teman perangkat wilayah nantinya akan mengikuti secara daring dan sebagian ada yang datang. Sehingga kita lakukan hybrid atau dilakukan daring dan luring,” ujarnya.

Sementara itu, untuk acara hiburan, Widianto mengatakan, pada tanggal 7 April 2021 bakal digelar acara budaya yang mempertemukan para budayawan sekaligus untuk membangun dan memberikan dukungan kepada para seniman Kota Malang.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait