Sambut Hari Olahraga Nasional, Ini Olahraga Aman untuk Lansia - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sambut Hari Olahraga Nasional, Ini Olahraga Aman untuk Lansia
Ilustrasi pasangan lanjut usia sedang berolahraga (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Sambut Hari Olahraga Nasional, Ini Olahraga Aman untuk Lansia

Satukanal.com, Nasional – Tanggal 9 September memang diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Indonesia. Tahun ini merupakan kedua kalinya Haornas diperingati saat pandemi Covid-19.

Meski saat ini masyarakat lebih banyak berada dan beraktivitas di rumah, ada baiknya untuk tetap berolahraga. Sebab, olahraga dapat membentuk tubuh dan imun yang kuat untuk menghadapi kondisi yang tidak menentu seperti saat ini.

Sementara, bagi sebagian orang, seiring bertambahnya usia olahraga semakin jarang dilakukan. Alasan yang paling klasik adalah ketahanan fisik sudah tidak sekuat muda dulu serta terkendala masalah kesehatan.

Benar nyatanya bahwa seiring bertambahnya usia, olahraga berintensitas tinggi menjadi lebih sulit dilakukan dan dapat menimbulkan risiko cedera serius. Namun untungnya, terdapat olahraga yang aman dan minim cedera tulang dan sendi yang cocok dilakukan orang lanjut usia.

1. Berjalan santai

Aktivitas fisik paling sederhana dan baik untuk lansia adalah jalan santai. Aktivitas ini dapat menambah stamina, membakar kalori berlebih, dan menguatkan jantung.

Agar tetap bugar dan sehat, para lansia tidak perlu berjalan terlalu lama atau jauh. Cukup dengan rutin berjalan di dalam rumah atau sekitar halaman. Namun, perlu diingat bahwa selama pandemi Covid-19 ini, para lansia perlu menerapkan protokol kesehatan dan mengenakan masker saat hendak berjalan di sekitar rumah.

2. Berenang

Berenang juga masuk dalam kelompok olahraga aman dan dilakukan siapa saja, terutama bagi para lansia. Berenang juga merupakan olahraga yang direkomendasikan untuk mencapai kebugaran tanpa risiko cedera lutut dan sendi yang rapuh.

Baca Juga :  Tidak Disangka, Ini 5 Manfaat Musik Metal Bagi Kesehatan

Serupa manfaatnya dengan aerobik, berenang dapat membangun daya tahan tubuh, memperkuat jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Kesemuanya itu akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan meningkatkan kepercayaan diri para lansia.

3. Bersepeda

Melansir dari laman hellosehat.com, bersepeda termasuk dalam olahraga aerobik yang baik untuk jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Olahraga sepeda ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan lansia, termasuk menjaga kesehatan sistem peredaran darah, meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot, hingga memperbaiki postur dan keseimbangan tubuh.

Selain itu, bersepeda juga memiliki keunggulan lain seperti:

  • Risiko cedera yang lebih rendah.
  • Tidak membutuhkan kemampuan dasar khusus.
  • Dapat dilakukan dengan berbagai intensitas, dari ringan hingga berat.
  • Efisien dan bisa dimanfaatkan sebagai transportasi.
  • Melatih seluruh otot tubuh.
  • Dapat meningkatkan kekuatan, stamina, dan kebugaran.

4. Senam lansia

Senam lansia adalah olah raga ringan dan mudah dilakukan dan tidak memberatkan. Aktivitas olah raga ini akan membantu tubuh agar tetap bugar dan sehat, karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal dan membantu menghilangkan radikal bebas yang ada didalam tubuh.

Adapun manfaat senam lansia yaitu :

  • Bermanfaat untuk menghambat proses penuaan, jika dilakukan secara teratur akan mendapat kesegaran jasmani yang baik,
  • Mencegah terjadinya kehilangan massa tulang,
  • Terpeliharanya kekuatan otot, daya tahan tubuh dan kelenturan persendian,
  • Terpeliharanya kesehatan jantung dan system pernapasan menjadi baik,
  • Tekanan darah menjadi stabil dan dapat meningkatkan peredaran darah, sehingga dapat menghilangkan rasa sakit,
  • Menimbulkan rasa bahagia,
  • Dapat membuat tidur lebih nyenyak dan pikiran tetap segar.
Baca Juga :  Ingin Berhenti Merokok? Ini Cara Ampuh Atasi Kecanduan Nikotin

5. Pilates

Dikutip dari laman KlikDokter.com, dr. Sara Elise Wijono, MRes mengatakan bahwa usia berapa pun, boleh melakukan pilates, dengan catatan memiliki otot yang kuat. dr Sara juga menjelaskan, pilates bagus untuk tubuh lansia karena bisa meningkatkan kelenturan dan melatih keseimbangan tubuhnya.

Tak hanya itu, tapi juga keseimbangan, fleksibilitas, bentuk otot, stamina, dan kesejahteraan secara keseluruhan pada lansia. Sebelum mencoba pilates untuk pertama kalinya, lansia disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

Banyak lansia yang keseimbangan, kelenturan, dan ketahanan tubuh sudah berkurang dari waktu ke waktu. Karenanya, disarankan untuk mengambil kelas pilates untuk pemula. Lama-lama kemampuannya akan meningkat jika pilates dilakukan secara rutin.

Agar olahraga untuk lansia aman dilakukan dan manfaatnya benar-benar terasa, ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Pastikan untuk mendampingi lansia selama kegiatan olahraga berlangsung
  • Lakukan pemanasan sebelum berolahraga
  • Gunakan alat pelindung tubuh saat berolahraga
  • Lakukan olahraga dalam intensitas ringan
  • Jangan lupa sarapan sebelum berolahraga
  • Minum air putih yang cukup agar tubuh tidak dehidrasi

Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat bagi lansia sesuai dengan kondisi, dan hal-hal terkait lainnya seperti frekuensi olahraga dan sebagainya

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait