Salut! Aksi Relawan Kediri Bantu Pemulasaraan Jenazah dan Bagi Peti Gratis - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Salut! Aksi Relawan Kediri Bantu Pemulasaraan Jenazah dan Bagi Peti Gratis
Para relawan Gus Durian Kediri sedang membuat peti (Foto: Anis Firmansah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Salut! Aksi Relawan Kediri Bantu Pemulasaraan Jenazah dan Bagi Peti Gratis

Satukanal.com, Kediri – Lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kediri, mengundang aksi keprihatinan bagi sekelompok relawan masyarakat Kediri. Salah satunya, relawan Gus Durian Pare, Kabupaten Kediri yang turut membagikan peti jenazah gratis dan membantu pemulasaraan jenazah Covid-19.

Falensianus Anugerah Yunianto, sebagai Koordinator Kelompok Gus Durian mengaku prihatin atas banyaknya kematian warga karena Covid-19. Sehingga, banyak keluarga yang membutuhkan peti jenazah untuk pemakaman.

Bersama kelompok Gus durian yang lain, dirinya dapat membuat 3 peti jenazah untuk diberikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. “Aktifnya saya membuat peti ini sekitar 2 Minggu yang lalu,” kata pria yang akrab disapa Yunianto ini.

Lebih lanjut, kasus Covid-19 dinilai melonjak sejak dua Minggu terakhir, bahkan tak sedikit diantaranya yang meninggal dunia. Sehingga, menurut Yunianto, masyarakat  yang terdampak pun memang membutuhkan bantuan.

Baca Juga :  Tiga Poin Pertimbangan PPKM Level 4 Diperpanjang

Selain menjadi relawan pemulasaraan jenazah Covid-19 dan membagikan peti gratis, dia juga turut menyediakan makanan bagi warga isolasi mandiri. Aksi sosialnya ini, tentu disambut gembira oleh banyak kalangan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Pare.

Apalagi, di wilayah tersebut masih banyak warga yang meninggal mendadak, sehingga dibutuhkan proses pemulasaran dengan protokol Covid-19.

Yunianto mengaku dana dalam pembuatan peti yang dibagikan secara gratis itu diperoleh dari hasil upah relawan pemulasaraan jenazah Covid-19 dan para donatur luar.

“Kebetulan waktu kita (Gus Durian) menjadi relawan Pemulasaran Jenazah, kita mendapatkan uang dari Pak Lurah. Uang itu akhirnya kita buat untuk modal beli kayu, sehingga dijadikan peti. Selain itu, kami dapat donatur dari anggota Polsek Pare dan warga lainnya,” jelas Yunianto, Koordinator Gus Durian.

Baca Juga :  Halo Warga Jombang, Kalian di Rumah Saja ya.. 22 Titik dalam Kota Disekat

Dia juga berpesan agar masyarakat secara bersama-sama mematuhi protokol kesehatan. Mengingat, angka kematian yang semakin tinggi di Kabupaten Kediri. “Kita percaya Covid-19 itu ada. Kita berjuang patuhi protokol kesehatan dan semoga kehidupan bisa normal kembali,” tambahnya.

Menurut Yunianto, alasan yang melatarbelakangi kelompoknya membuat peti bagi pasien Covid-19 karena adanya dorongan Gus Durian untuk membantu masyarakat serta mencoba berjuang mengatasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Kediri secara bersama-sama.

“Betul ini semuanya tak dibayar, mereka semua ikhlas untuk membantu bersama bangkit dari pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Adinda

Kanal Terkait