Saking Kreatifnya, Begini Sederet Kampanye 3M Yang Dilakukan Di Indonesia - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Saking Kreatifnya, Begini Sederet Kampanye 3M Yang dilakukan Di Indonesia
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Saking Kreatifnya, Begini Sederet Kampanye 3M Yang Dilakukan Di Indonesia

SATUKANAL.com, NASIONAL– Kata kunci kampanye 3M di kolom pencarian Google saat ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Bukan lagi, narasi seputar pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), namun istilahnya akan mengarah kepada upaya pemutusan rantai penyebaran virus covid-19.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga pernah menggunakan istilah 3M  sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Jika 3M pada program pencegahan DBD yaitu Menguras,  Menutup dan Mengubur, maka 3M kali ini merupakan kepanjangan dari Menjaga jarak, Memakai masker dan Mencuci tangan.

Istilah 3M memang digunakan sebagai kampanye yang digalakkan pemerintah dalam memutus penyebaran virus Covid-19. Mengingat, hingga kini virus Covid-19 masih menjadi perhatian khusus di Indonesia dengan jumlah penyebarannya yang seakan semakin meluas.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), hasil survei perilaku masyarakat di masa pandemi Covid-19 pada periode 7-14 September 2020 diketahui bahwa rata-rata responden sudah memiliki kepatuhan baik dalam menerapkan protokol kesehatan. Persentase perolehannya mencatat angka 91,98 persen menggunakan masker, 75,38 persen mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan 73,54 persen menjga jarak minimal 1 meter.

Meski demikian, masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan 3M. Oleh karena itu, urgensi kampanye istilah 3M sekaligus usaha mengoptimalkan 3T yakni tracing (penelusuran), testing (pengujian) dan treatment (perawatan) harus digencarkan.

Dilansir dari @kawalcovid19.id, masker menjadi  salah satu alat pelindung diri yang terbukti ampuh khasiatnya  untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Dengan catatan, masker ini harus digunakan secara baik dan benar, bukan di dagu ataupun diturunkan di leher. Masker menjadi “top of mind” di kalangan masyarakat.

Baca Juga :  Kejari Bakal Terus Pantau Dana Covid-19 Kota Malang

Untuk itu kampanye masker harus terus disuarakan secara berulang dan kreatif agar masyarakat benar-benar sadar akan pentingnya hal ini. Sehingga masker tak hanya dijadikan sebagai hiasan atau peluruh kewajiban semata.

Berikut beberapa kampanye masker yang unik dan kreatif yang bisa digunakan untuk inspirasi:

  1. Filter instagram

Filter merupakan fitur yang populer di kalangan pengguna instagram. Beragam efek bisa dikreasikan dan hasilnya dapat disebarkan ke penggguna lainnya. Filter masker yang ada di instagram emnjadi dayatarik tersendiri bagi pengguna instagram. Mereka dapat bergaya dengan berbagai macam desain masker di instagram. Hal ini juga sekaligus  menjadi kampanye penggunaan masker.

Untuk dapat mencoba filter ini, berikut tutorial pencariannya: Pada android buka fitur Instastory kemudian di sisi paling bawah klik tulisan yang ditemui. Setelah itu, telusuri efek dengan menekan ikon kaca pembesar dan terakhir ketik kata kunci “masker” pada kolom efek. Di sana akan muncul banyak desain virtual masker karya warganet Indonesia.

  1. Pesawat

Maskapai Garuda Indonesia pun turut meramaikan kampanye sadar pengggunakan masker. Pesawat Airbus A330-900 Neo, pada moncongnya terdapat desain masker seakan memperlihatkan jika pesawat tersebut juga menggunakan masker. Maskapai penerbangan ini bahkan juga membuka kompetisi #FlyYoourDesignWithGA yaitu kompetisi di bidang desain. Nnatinya, hasil terbaik akan digunakan di armada pesawat Garuda Lainnya.

Dilansir dari kompas.com, Direktur utama garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan bahwa tujuan pemasangan gambar masker bermaksud untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan khusunya melalui penggunaan masker.

Baca Juga :  Dinkes Tancap Gas, Kejar Ketertinggalan Vaksin Dosis 2

  1. Makanan

Dilansir dari  Timesindonesi.co.id, upaya emmproduksi cookies face masker (kue masker) merupakan salah satu cara mengingatkan masyarakat untuk menggunakan masker. Kue dengan kreasi topping berbentuk masker seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Hal ini pula lah yang dilakukan oleh Kedai Q-Brojo di pancoran Bondowoso.

Selain itu, kue yang terlihat menggunakan masker tersebut juga mengandung rempah-rempah yang dapat menambah nilai jual karena dapat meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Twibbon

Twibbon adalahh sebuah bingaki foto daring yang banyak digunakan untuk media promosi produk atau jasa atau kampanye.  Di masa pandemi seperti saat ini, ajakan untuk berpartisipasi mengggunakan Twibbon bertemakan protokol kesehatan yaitu masker gencar dilakukan di media sosial.

  1. Mural

Kampanye protokol kesehatan juga dikampanyekan dengan bentuk kreativitas lain yaitu melukiis di atas media tembok atau biasa dsebuut mural. Mural dapat djadikan sebagai penyampaian ide, gagasan, kritik dan saran. Pesan yang disampaikan melalui mural bisa mengandung makna eksplisit atau implisit.

Pada Komunitas Mural medan dan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU kawasan BukitDuri, Jakarta Selatan membuat mural di tembok yang berisikan pesan eksplisit tentang penggunaan masker dan anjuran untuk mematuhi protokol kesehatan.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

 

Sumber: https://www.bps.go.id/, https://www.goodnewsfromindonesia.id/, https://kawalcovid19.id/, https://www.kompas.com/, https://www.timesindonesia.co.id/, https://www.garuda-indonesia.com/id/id/index

Kanal Terkait