Sahabat Disabilitas Kediri Terima SIM D dan Alat Penunjang Usaha | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG-20191227-WA0051-960x640
Bupati Kediri Haryanti memberikan bantuan sosial berupa alat usaha pada Sahabat Disabilitas. (Foto: Kominfo)
STRAIGHT NEWS

Sahabat Disabilitas Kediri Terima SIM D dan Alat Penunjang Usaha

SATUKANAL, KEDIRI – Sahabat disabilitas Kabupaten Kediri menerima bantuan sosial dari Bupati Kediri Haryanti pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Kamis (26/12/2019). Bantuan ini diberikan di pendopo Kabupaten Kediri pada 20 disabilitas.

Bantuan yang diberikan merupakan alat penunjang usaha. Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kediri Dyah Saktiana menyebut alat-alat tersebut antara lain mesin jahit, alat rias, kosmetik, lampu LED untuk tata rias, sanggul, perangkat cukur rambut, hingga alat pres gelas minuman siap saji.

Mereka yang mendapatkan bantuan telah melalui proses seleksi. “Yang sudah memiliki usaha, atau selama ini bekerja dengan pihak lain dan sudah punya kemampuan untuk membuka usaha sendiri,” ujar Nana, sapaan akrabnya.

Ada 50 proposal pengajuan yang masuk ke Dinsos. Namun, dari jumlah itu beberapa sahabat disabilitas masih perlu mendapatkan bimbingan.

Selain mendapatkan alat penunjang usaha, sebanyak 12 disabilitas juga menerima Surat Izin Mengemudi (SIM) D. Mereka merupakan penyintas tunarungu dan tunadaksa. SIM D diberikan oleh perwakilan Polres Kediri.

Pendopo Kabupaten Kediri dipadati oleh sekira 400 disabilitas. Mereka juga menampilkan berbagai pertunjukan. Mulai tari, pencak silat, menyanyi, hingga membacakan puisi.

Bupati Kediri berharap berbagai program untuk disabilitas dapat meningkatkan kesejahteraan Sahabat Disabilitas di Kabupaten Kediri. “Berbagai pelatihan dan kesempatan terbuka untuk disabilitas. Ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian disabilitas. Karena sebetulnya disabilitas sama dengan kita, dan bisa berdaya,” ujar Haryanti.

Di tahun 2019, tema Peringatan Hari Disabilitas yang diangkat ialah “Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul”. Dalam menerjemahkan tema ini, Kabupaten Kediri telah melakukan sejumlah program untuk disabilitas.

Di antaranya sejumlah pelatihan dan pendampingan usaha bagi disabilitas. Pada penerimaan CPNS 2019 pun, terbuka kesempatan bagi disabilitas untuk mendaftar. Total, ada 14 disabilitas yang mengikuti CPNS 2019.

Pewarta: Isnatul Chasanah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait