Sabet Silver Medal Ajang Internasional Berkat Biskuit Porang untuk Bumil - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sabet Silver Medal Ajang Internasional Berkat Biskuit Porang untuk BumilMahasiswa UB Sabet Silver Medal Ajang Internasional
Biskuit ibu hamil dari tanaman porang (Foto: Dokumentarsi UB Malang)
BERITA Kanal Straight

Sabet Silver Medal Ajang Internasional Berkat Biskuit Porang untuk Bumil

Satukanal.com, Malang – Diketahui, pemanfaatan porang di Indonesia dalam produk pangan masih sangat minim. Selain itu, pasar porang masih didominasi untuk kebutuhan ekspor.

Melihat peluang tersebut, lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang bernama M Ahmad Talkhis, Nabilla Alya Anastasya, Farida Lutfiya Azizah, Fatih Meru Samudera dan Vio Awan Nur Hidayat membuat biskuit anti mual dari bahan dasar tanaman porang.

Sebagai informasi, tanaman porang (Amorphophallus muelleri) merupakan salah satu komoditas pertanian dengan kadar glukomanan yang tinggi. Glukomanan merupakan senyawa polisakarida yang bermanfaat untuk :

  1. Mengurangi kolesterol,
  2. Mempercepat rasa kenyang
  3. Memperlambat pengosongan perut sehingga cocok dijadikan sebagai produk pangan sehat seperti biskuit.
Baca Juga :  Kondisi Diego Michiels Membaik, Squad Arema Siap Tempur Kembali

Dilansir dari laman resmi UB, biskuit ini diberi nama ‘Amora Pregnancy Biscuit’. Kandungan senyawa polisakarida pada Amora Pregnancy Biscuit dapat digunakan sebagai sumber energi jangka menengah dan panjang sehingga dapat membantu ibu hamil agar kenyang lebih lama.

Selain itu, senyawa polisakarida juga dapat menekan asam lambung yang bisa mengurangi mual dan muntah agar tidak terjadi hiperemesis gravidarum atau mual dan muntah yang muncul secara berlebihan.

Dengan adanya produk olahan dari tanaman porang, kelima mahasiswa UB tersebut berharap agar para petani porang dapat memanfaatkan porang menjadi produk jadi, karena permintaan bahan dasar porang berpeluang meningkat.

Baca Juga :  Ratusan Nakes di Jombang yang Terpapar Covid-19 Sudah Pulih Total

Untuk diketahui, Biskuit ibu hamil inovasi kelima mahasiswa UB juga merupakan inovasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang di selenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI. Produk Amora pregnancy biscuit telah mendapat silver medal pada ajang internasional Korean International Women’s Invention Exposition (KIWIE) 2021.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait