Risiko Tinggi Covid-19, Hongkong Larang Penerbangan dari Indonesia - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Risiko Tinggi Covid-19, Hongkong Larang Penerbangan Dari Indonesia
ilustrasi penerbangan dari Indonesia ke Hongkong (Foto: pixabay/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Risiko Tinggi Covid-19, Hongkong Larang Penerbangan dari Indonesia

Satukanal.com, Nasional – Pemerintah Hongkong melarang semua penerbangan dari Jakarta mulai besok, Jum’at (25/06/2021). Kebijakan ini lantaran Indonesia menjadi negara degan kategori A1, yaitu tingkat penyebaran virus Covid-19 yang sangat tinggi.

“Pada tanggal 23 Juni 2021, Pemerintah Hong Kong telah mengumumkan bahwa mulai tanggal 25 Juni 2021 akan menetapkan status Indonesia menjadi negara kategori A1 (extremely high risk). Dalam kategori A1, maka semua penumpang penerbangan dari Indonesia tidak diperbolehkan memasuki Hong Kong,” melansir laman Kementerian Luar Negeri RI oleh Satukanal.com, Kamis (24/06/2021).

Menurut deteksi Hongkong, terdapat peningkatan jumlah imported case Covid-19 dari Indonesia. Selain Indonesai, ada beberapa negara yang juga tidak diperbolehkan masuk ke Hongkong yaitu Filipina, India, Nepal dan Pakistan.

“Kebijakan ini ditempuh Pemerintah Hongkong karena terdapat peningkatan jumlah imported cases Covid-19 dari Indonesia. Kebijakan ini diterapkan bersama-sama Filipina, India, Nepal dan Pakistan yang telah masuk kategori A1 terlebih dahulu,” tulis pengumuman dari KJRI Hongkong.

Baca Juga :  Sehari Bertambah 99 Kasus, Satgas Dirikan 2 Tenda Darurat di RSUD SLG

Dalam pengumuman tersebut dijelaskan pula bahwasanya kebijakan itu bersifat sementara dan akan dikaji ulang secara perodik. Sedangkan, bagi para pekerja migran Indonesia yang terdampak kebijakan tersebut untuk segera menghubungi agen dan majikaan masing-masing.

Lebih lanjut, pihak KJRI Hongkong akan memastikan pemenuhan hak-hak pekerja migran Indonesia sesuai ketentuan yang berlaku. “KJRI Hongkog akan terus memantau perkembangan kebijakan ini,” ungkap KJRI Hongkong.

Sebelumnya, otoritas kesehaatan Hongkong , Centre for Health Protection (CHP) sempat menghentikan penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta pada Selasa (22/06/2021). Bahkan CHP juga lebih dahulu telah memberhentikan penerbangan Cathay Pacific yang datang dari Indonesia.

Baca Juga :  Perhatikan! Ini Aturan Menikah Saat PPKM Darurat

Kebijakan dari CHP itu lantaran ditemukannya 3 kasus infeksi Covid-19 baru dari Indonesia pada Sabtu  (12/06/2021). Melansir dari RTH.hk, penumpang Cathay Pacific tersebut terverifikasi positif Covid-19 ketika dilakukan pengecekan pada terminal kedatangan bandar udara setempat.

Sementara itu, Hongkong melaporkan adanya 7 kasus Covid-19 impor Selasa Kemarin (22/06/2021). Pada temuan kasus baru ini, terdiri dari 6 wanita dari Indonesia dan seorang pria berusia 51 tahun yang belum jelas riwayat perjalannya, dilansir dari kompas.com.

Dari ketujuh orang tersebut, menurut otoritas Hongkong tak ada satupun yang menunjukkan gejala Covid-19. Meski begitu, Hongkong belum menemukan penularan Covid-19 lokal baru selama 15 hari terakhir hingga Selasa kemarin. Dan saat ini, tercatat kota tersebut memiliki 11.896 kasus Covid-19.

 

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait